Sukses

Ketahui Manfaat Penting dari Toner Bagi Perawatan Kulit Wajah

Liputan6.com, Jakarta Toner merupakan salah satu produk yang kerap hadir dalam proses pembersihan dan perawatan kulit wajah pada umumnya. Namun banyak dari Anda yang malam mengaplikasikan toner dan melewatkan toner saat merawat dan membersihkan wajah.

Pertanyaanya, apakah mengaplikasikan toner sesudah membersihkan wajah dalam proses perawatan kulit wajah memang perlu? Simak jawabannya seperti yang dilansir dari allure.com pada Jumat (13/1/2017).

Toner atau dikenal juga dengan sebutan astringent adalah cairan yang diaplikasikan pada kulit wajah sesudah membersihkan wajah. Toner ini digunakan untuk menyegarkan kulit sekaligus mengangkat sisa-sisa kotoran, minyak dan sisa pembersih yang tertinggal di kulit wajah.

Biasanya toner ini memiliki kandungan alkohol sehingga terasa dingin di kulit. Sayangnya, hal ini justru membuat kulit wajah (terutama yang jenisnya normal-kering) jadi terasa kering sehingga banyak yang kemudian enggan menggunakan toner sesudah membersihkan wajah.

Ternyata, toner modern memiliki manfaat lain yang belum diketahui banyak orang, seperti yang dikemukakan oleh dr. Erin Gilbert, dermatologis dari New York dan Ruthie Harper, dari Laser & Skincare Clinic di Austin serta pendiri dari SkinShift Skin Care. Yuk kita simak ulasan berikut.

Apakah beda toner jaman dulu dengan jaman sekarang?

Dulu toner hanya berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran, minyak dan pembersih saja, sekaligus menyegarkan kulit wajah. Namun kini, tonner dapat berfungsi lebih dari itu, yaitu memberi kelembapan dan dapat meredakan iritasi, jelas Ruthie Harper. Yang juga yang tak kalah pentingnya adalah kini toner tak lagi membuat kulit terasa kering, terutama toner dengan kandungan pelembap.

1 dari 3 halaman

Apakah hanya kulit berminyak saja yang bisa menggunakan toner?

Apakah hanya kulit berminyak saja yang bisa menggunakan toner?
Tidak, karena sekarang ini tersedia toner untuk semua jenis kulit, jelas dr. Erin Gilbert. Toner yang mengandung alkohol akan mengangkat kelebihan minyak di kulit sehingga membantu untuk mengurangi resiko timbulnya jerawat. Toner yang mengandung glycerin dan hyaluronic acid membentu melembapkan kulit dan mencegah kekeringan.

Apakah ada kandungan lain yang saat ini ditambahkan di dalam toner untuk merawat kulit ?
Beberapa toner saat ini memiliki kandungan pencerah kulit seperti ekstrak lemon, dan beberapa toner memiliki kandungan antioksidan seperti esktrak tomat, bergamot, Vitamin E dan Vitamn A. Semua ini sangat membantu kesehatan kulit dan menjaga kulit dari penuaan dini, jelas Ruthie Harper. Kandungan lainnya seperti chamomile membuat toner mampu untuk mengurangi iritasi kulit , jelasnya lagi.

2 dari 3 halaman

Kapan sebaiknya menggunakan toner?

Kapan sebaiknya menggunakan toner?
Saat udara mulai terasa panas, banyak kulit yang bereaksi dengan timbulnya jerawat, terutama jenis kulit berminyak dan kombinasi. Toner dengan kandungan salicylic acid sangat baik untuk digunakan karena mampu untuk membersihkan sumbatan di pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat, jelas dr. Erin Gilbert.

Bila Anda sering traveling dengan pesawat, saya juga menyarankan untuk menggunakan toner di pesawat karena udara dalam pesawat sangat kering, dan toner membuat kulit Anda lebih bersih, lebih lembap dan segar, ujar Ruthie Harper.

Jika demikian, apakah toner dengan kandungan pelembap bisa menggantikan pelembap biasa untuk perawatan kulit wajah harian? Tidak. Tapi untuk Anda yang kulitnya sangat berminyak disarankan untuk sesekali tak usah pakai pelembap dan cukup menggunakan toner dengan kandungan pelembap saja, jelas dr Erin Gilbert. Namun untuk mereka yang kulitnya normal dan kering, pelembap biasa tetap dibutuhkan sesudah membersihkan wajah.

Artikel Selanjutnya
Kesalahan Perawatan untuk Kondisi Kulit Wajah Berminyak
Artikel Selanjutnya
9 Perawatan Kulit Wajah Ini Buat Anda Cantik Tanpa Makeup