Sukses

Makanan Pengganti Produk Susu yang Wajib Anda Coba

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mengalami alergi seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal sehabis makan keju? Itu artinya Anda mengalami intoleransi laktosa, yakni alergi terhadap makanan yang mengandung produk susu, seperti susu, keju, es krim dan lain-lain.

Memang rasanya menyebalkan ketika Anda tak bisa menikmati es krim yang lezat atau martabak keju yang menggugah selera. Tapi, Anda tak perlu khawatir karena produk susu tersebut bisa diganti dengan beberapa bahan makanan berikut ini. Seperti yang dilansir dari situs popsugar.com, Selasa (10/1/2017)

Susu sapi
Saatnya mengganti susu sapi dengan susu kedelai, susu almond, susu kelapa, atau susu kacang mete. Namun, yang paling menyerupai susu sapi adalah susu kedelai karena tekstur lemak yang hampir mirip dengan susu sapi.

Mentega
Jika Anda ingin makan roti panggang, membuat pop corn atau memasak kue, sebaiknya menggunakan mentega yang terbuat dari minyak zaitun.

Yogurt
Jika yogurt menjadi salah satu makanan Anda saat sarapan atau camilan, mungkin Anda bisa mencoba yogurt yang mengandung susu almond atau kedelai.

Es Krim
Bagi Anda penikmat es krim, mungkin Anda bisa mencoba es krim yang terbuat dari susu kedelai atau susu almond. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan diberi perasa cokelat atau vanila.

Keju
Keju yang biasanya terbuat dari susu sapi ini memang menjadi makanan favorit semua orang. Namun, Anda bisa mencoba keju yang terbuat dari kacang mete atau susu almond yang lezat.

Bumbu/Saus
Coba mengganti bumbu keju atau saus pelengkap chicken wings Anda dengan bumbu yang terbuat dari kacang mete, susu almond atau kedelai.

Cokelat
Kebanyakan dark chocolate mengandung dairy-free, sehingga rasanya lebih pahit. Jadi, jika Anda ingin memakan cokelat, sebaiknya pilih dark chocolate yang sama sekali tidak mengandung susu sapi.

Artikel Selanjutnya
Termasuk Makanan Sehat, Amankah Kefir untuk Anak?
Artikel Selanjutnya
Hindari Porsi Terlalu banyak 4 Makanan Ini dalam Menu Salad Anda