Sukses

6 Perubahan Pada Tubuh yang Mungkin Terjadi Saat Anda Menyusui

Liputan6.com, Jakarta Menyusui adalah masa-masa yang paling menggembirakan, aneh, dan terkadang terasa menyakitkan bagi kaum wanita. Faktanya, saat menyusui, seorang wanita memang akan mengalami banyak perubahan yang tidak biasa pada tubuhnya.

Dilansir dari purewow.com, Rabu (7/1/2017), berikut ini adalah beberapa perubahan yang akan terjadi pada tubuh Anda, ketika menyusui.

1. Puting Anda mungkin akan terluka
Memasuki masa menyusui yang pertama, puting Anda mungkin akan terluka atau mengalami iritasi. Mengapa? Hal ini mungkin dikarenakan puting Anda belum pernah merasakan tingkat rangsangan seperti saat menyusui sebelumnya. Untuk menenangkan rasa sakit yang terjadi, Anda bisa menggunakan bahan-bahan dapur atau krim tertentu.

2. Perut Anda mungkin akan merasa seperti kram menstruasi
Oksitosin, hormon yang memicu keluarnya ASI akan menyebabkan rahim menyusut kembali ke ukuran normal, dan inilah yang akan membuat Anda merasakan sakit, seperti kram. Rasanya memang tidak nyaman, namun ini merupakan pertanda bahwa tubuh Anda sedang dalam masa penyembuhan.

3. Ukuran bra Anda akan naik
Setelah melahirkan, tubuh akan memproduksi lebih sedikit hormon estrogen dan progesteron, namun akan lebih banyak prolaktin atau hormon penghasil susu.
Perubahan ini akan membuat payudara tumbuh lebih daripada saat Anda hamil.

4. Anda bisa menurunkan berat badan setelah hamil lebih cepat
Hal baik yang mungkin bisa Anda dengar adalah saat menyusui, Anda membakar 300 sampai dengan 500 kalori per hari, yang berarti juga penurunan berat badan.Tentu saja, hal ini bervariasi pada setiap orang.

5. Puting Anda akan memiliki lebih banyak lubang
Ya, tidak mungkin ASI keluar dalam satu aliran tunggal. Saat menyusui, puting akan memiliki banyak lubang kecil di mana ASI akan keluar, menyerupai shower.

6. Anda akan mengalami nyeri paa leher dan punggung
Menyusui memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai gerakan yang membuat tubuh tidak merasa nyaman, terutama pada leher dan punggung.