Sukses

6 Cara Alami Ampuh Atasi Uban

Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menghilangkan uban secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang senang dengan tanda-tanda penuaan yang datang kepadanya? Termasuk dengan datangnya uban. Meskipun merupakan tanda penuaan, tetapi uban bisa saja tidak muncul pada usia lebih muda.

Tentu saja, munculnya uban pada usia lebih muda dapat menurunkan rasa percaya diri. Maka tak heran banyak orang yang ingin menghilangkannya supaya tampak lebih muda.

Kabar baiknya, uban bisa dihilangkan secara alami. Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda membuat rambut Anda kembali hitam sepenuhnya. Berikut di antaranya seperti dikutip dari laman Home Remedies, Rabu (18/1/2017).

1. Henna
Henna merupakan bahan alami untuk mewarnai rambut yang terbuat dari tanaman. Henna dapat secara aman digunakan di rumah tanpa merusak struktur rambut. Namun, pewarna ini biasanya akan luntur dalam 8-12 minggu.

2. Kopi
Kopi juga merupakan metode alami dalam mewarnai rambut. Meskipun pewarnaan dengan bahan ini biasanya tidak bertahan lama, tetapi kopi dapat sekaligus memberikan nutrisi ke rambut. Maka kopi juga dapat digunakan untuk merawat rambut.

3. Amla
Bahan ini berasal dari India dan telah dikenal sebagai pengobatan untuk banyak masalah rambut. Rambut rontok, kusam, dan beruban dapat diatasi dengan Amla. Bahan ini dapat berbentuk minyak atau pasta yang dapat merevitalisasi pigmen alami rambut. Bahan ini juga kaya vitamin C dan antioksidan.

4. Daun sage
Tanaman ini telah lama dimanfaatkan untuk menutup uban. Bahkan rambut bisa tampak lebih hitam dengan membilasnya menggunakan teh daun sage. Dibutuhkan waktu dan konsistensi untuk mencapai hasil maksimal. Jadi, bersabarlah untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Jus bawang merah
Salah satu cara yang tidak biasa dalam mengembalikan warna rambut yang beruban. Bahan ini kaya akan mineral dan nutrien untuk rambut lebih sehat, berkilau, dan kuat. Nutrien itu antara lain biotin dan sulfur.

6. Makanan
Jika Anda ingin menghindari pewarnaan, maka ada cara alami yang dapat Anda gunakan untuk mencegah bahkan mengembalikan uban, yakni dengan makanan. Konsumsi Vitamin B12 dan Vitamin C dipercaya dapat bermanfaat untuk mengatasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.