Sukses

Orang Tua, Ini Cara Mendekatkan Diri Pada Anak Anda

Orang tua perlu mengetahui bagaimana cara yang bijaksana untuk tetap dekat dengan anak-anaknya. berikut ada 5 cara yang bisa Anda coba!

Liputan6.com, Jakarta Peran orang tua sangatlah besar bagi anak-anaknya. Maka dari itu, sangatlah penting bagi mereka untuk mendekatkan diri pada anak-anaknya agar mengetahui apa yang dibutuhkan sang anak dan bagaimana cara memenuhinya dengan bijaksana. Dilansir dari yourtango.com, Rabu (18/1/2017), berikut adalah beberapa cara bijaksana yang dapat dilakukan orang tua untuk mendekatkan diri pada anak-anaknya.

1. Sukai apa yang anak-anak Anda sukai
Jika anak Anda menyukai tim sepak bola Real Madrid dan Anda menyukai tim sepak bola Barcelona, mungkin dirasa sulit untuk bisa menyukai apa yang anak Anda sukai. Anda dapat menyiasatinya dengan cara mencari titik temu dari kesamaan kedua tim tersebut. Anda dapat menanyakan tentang tim sepak bola Real Madrid kepada anak Anda pula. Itu akan menimbulkan kesan bahwa Anda menyukai apa yang anak Anda sukai.

2. Jangan membalas kemarahan dengan kemarahan
Jika anak Anda sedang marah terhadap Anda, usahakan untuk tidak membalas dengan amarah kembali. Komunikasikanlah dengan baik-baik apa yang sedang terjadi padanya sehingga Anda bisa membantunya berdamai secara bijaksana untuk meredam dan menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

3. Sadari bahwa setiap anak itu berbeda
Jangan berusaha untuk menyamakan atau membandingkan anak-anak Anda satu sama lain atau dengan anak-anak dari rekan-rekan Anda. Sadari bahwa setiap anak itu unik dan berbeda. Anda harus bisa mempelajari karakter anak Anda dan memperlakukannya dengan adil dan bijaksana. 

4. Jangan memanjakan anak Anda secara berlebihan
Yang satu ini diperlukan kebijaksanaan ekstra. Anda tidak boleh terlalu memanjakan anak Anda, sehingga anak Anda menjadi malas dan tidak bertanggungjawab. Kasihi mereka dengan aturan dan ajaran yang seimbang.

5. Jadilah panutan
Menjadi orang tua berarti Anda memimpin anak-anak Anda. Jadilah pemimpin yang patut dijadikan contoh hidup bagi sang anak dengan tindakan, perkataan yang baik, bijaksana, dan selalu bertanggung jawab. 

 (Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini