Sukses

Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah

Liputan6.com, Jakarta Bosan dengan tampilan rumah Anda? Mungkin sudah waktunya Anda melakukan renovasi rumah. Hanya saja, merenovasi rumah bukan perkara sederhana yang dapat dilaksanakan tanpa persiapan apa-apa. Banyak hal yang perlu diperhitungkan sebelum merenovasi rumah Anda. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum merenovasi rumah seperti yang disarikan dari laman magforwomen.com, Rabu (11/1/2017).

1. Menetapkan Anggaran
Sebelum mulai merenovasi rumah Anda, ini adalah hal yang sangat wajib Anda pikirkan dan siapkan. Tetapkan anggaran yang ingin dan perlu Anda keluarkan untuk merenovasi rumah Anda agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain renovasi rumah Anda kelak.

2. Rencanakan Waktu Renovasi
Anda juga harus menetapkan waktu yang tepat untuk melakukan renovasi. Jangan melakukan renovasi di waktu yang tidak tepat. Biasanya, Anda memerlukan mengontrak rumah lain atau singgah di rumah sanak saudara saat rumah Anda di renovasi, maka Anda harus menetapkan waktu renovasi Anda dari jauh-jauh hari.

3. Singkirkan Barang yang Sudah Tidak Berguna
Saat renovasi rumah, Anda perlu mengosongkan rumah Anda dari segala perkakas dan barang-barang yang Anda miliki. Pastikan Anda telah memilah-milah barang yang ingin Anda simpan atau ingin Anda buang dari jauh hari agar tidak menyibukkan Anda di waktu yang mendadak menjelang renovasi rumah Anda. Anda dapat membuang barang-barang yang sudah tidak diperlukan atau menjualnya kembali di pasar loak.

4. Simpan Barang yang Masih Bernilai Guna
Saat Anda memilah-milah perkakas yang Anda miliki di rumah, Anda pasti juga akan menemukan barang-barang yang memiliki arti dalam hidup Anda yang mungkin sudah lama tidak Anda sentuh. Anda dapat membersihkannya dan menyimpannya di tempat yang baik dan aman sampai saat renovasi rumah Anda selesai.

5. Serahkan Pada yang Profesional
Persiapan yang satu ini tidak kalah penting. Anda perlu menghubungi seorang desainer interior yang mungkin Anda kenal atau teman Anda kenal. Anda dapat mencari referensi desainer interior yang sudah pernah merenovasi rumah rekan Anda dan hasil pekerjaannya Anda kagumi. Anda dapat menyampaikan keinginan bentuk renovasi rumah Anda dengan anggaran tertentu kepada desainer interior yang Anda pilih.


(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Tips Hemat Pindah ke Luar Kota
Artikel Selanjutnya
Malas Merapikan Rumah? Atasi dengan Cerdas!