Sukses

Jangan Lupa Lakukan 9 Hal Saat Pertama Bekerja Setelah Liburan

Liputan6.com, Jakarta Liburan memang waktu yang menyenangkan bagi para pegawai, mulai dari bangun terlambat, bisa menikmati siaran TV, dan menikmati segelas kopi hangat pada saat bangun tidur. Tapi semua itu hanya menjadi kenangan ketika jadwal masuk kerja sudah dimulai. Untuk itu, mulailah hari pertama kerja Anda dengan melakukan 9 hal ini, seperti yang disarikan dari lifehack.org, Selasa (3/1/2016).

Bersihkan meja kerja
Ketika Anda masuk kerja setelah liburan, tentunya meja yang berantakan akan membuat malas untuk bekerja. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan meja kerja dari berbagai kertas tidak berguna, surat-surat yang telah dibaca hingga benda-benda yang tidak tersusun rapi. Ketika sudah rapi, tentunya semangat kerja akan makin membara.

Periksa email Anda
Ketika baru masuk kerja, kemungkinan besar banyak pesan yang masuk dalam alamat email perusahaan Anda. Untuk itu periksa kotak masuk, balaslah pesan, dan periksa apakah ada hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai hari pertama Anda.

Cek kalender
Setelah liburan, tentu saja kesempatan Anda untuk melupakan pekerjaan sangatlah besar. Untuk itu, jangan lupa periksa kalender Anda untuk mengetahui tanggal-tanggal penting mengenai batas akhir pekerjaan, seberapa lama lagi target harus tercapai, dan apa yang harus dilakukan minggu ini.

Buat daftar prioritas
Ketika sudah memeriksa surat dalam email Anda, buatlah daftar prioritas sesuai dengan pekerjaan Anda. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menggolongkan pekerjaan mulai dari yang sangat penting hingga yang tidak penting sehingga hari pertama berjalan dengan lancar.

Konsentrasi dalam satu tugas dalam satu waktu
Awali pekerjaan Anda dengan satu kewajiban yang penting dan usahakan dapat berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas tersebut. Hal ini akan meningkatkan produktifitas Anda setelah liburan dan menghindari menunda berbagai pekerjaan. Sehingga akan banyak pekerjaan yang selesai sebelum Anda pulang ke rumah.

Hindari gangguan yang merusak konsentrasi
Untuk mengembalikan kembali mood untuk bekerja,usahakan menghindari berbagai hal yang tidak penting yang mengganggu pekerjaan Anda. Contohnya adalah membicarakan tentang liburan, mengeluh, bahkan meminta oleh-oleh dari rekan kerja yang pulang dari negeri seberang. Tetap konsentrasi bekerja hingga pekerjaan tuntas.

Rencanakan kegiatan lainnya di akhir minggu
Tentu saja perasaan liburan tidak akan beranjak dari pikiran Anda sebelum beberapa bulan kedepan. Oleh karena itu, rencanakan lagi jadwal senang-senang pada akhir minggu sehingga Anda memiliki motivasi menyelesaikan pekerjaan. Rencana kegiatan ini juga menjadi hadiah karena Anda sukses menjalankan pekerjaan dengan baik setelah liburan.

Pulang kantor tepat waktu
Mau langsung lembur setelah lliburan? Jangan lakukan itu dan lebih baik pulang lebih cepat atau tepat waktu setelah jam kantor usai. Hal ini akan membuat Anda mampu mengatur waktu dan kebahagiaan liburan akan bertahan lebih lama.

Istirahatkan diri
Jangan paksakan diri untuk melakukan seluruh pekerjaan pada hari pertama. Tetap sabar karena penyesuaian diri setelah liburan dapat berlangsung untuk beberapa hari kedepan. Merasa terlalu lelah? Usahakan istirahat terlebih dahulu untuk menyegarkan pikiran dan Anda akan kembali bekerja dengan maksimal seperti biasanya.

Artikel Selanjutnya
Waspada, 5 Hal Ini Biasa Dilakukan Orang Gagal di Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan