Sukses

7 Bahan Dapur Ini Bisa Digunakan untuk Merawat Puting Susu Anda

Liputan6.com, Jakarta Puting susu yang sakit bahkan luka adalah masalah biasa yang dihadapi oleh ibu menyusui. Entah karena posisi menyusui yang salah atau gigitan dari bayi Anda, puting susu pasti akan terasa sakit, terutama bagi wanita yang baru merasakan pengalaman menyusui.

Dilansir dari romper.com, Sabtu (7/1/2017), ternyata ada beberapa bahan dapur yang dapat membantu Anda merawat dan mengobati puting susu yang sakit, apa saja?

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa memang seperti keajaiban bagi setiap wanita, karena ia bisa digunakan untuk memasak, melembapkan rambut, dan menyembuhkan puting susu. Jika tidak ada minyak kelapa, Anda bisa menggunakan minyak lainnya untuk memasak, namun pastikan terlebih dahulu bahwa minyak tersebut aman dikonsumsi oleh bayi Anda.

2. Madu
Sebuah studi di tahun 2009 yang dilakukan University of Auckland, New Zealand menemukan bahwa menggunakan madu dapat menyembuhkan puting susu yang nyeri akibat menyusui. Namun, berhati-hatilah, karena ada beberapa bayi yang mengalami alergi terhadap madu, jadi pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menyusui.

3. Daun kemangi
Cobalah menggosok daun kemangi yang telah diolesi minyak goreng pada puting susu Anda, karena ia memiliki manfaat menyembuhkan kulit yang luka.

4. Kantong teh
Kantong teh dalam keadaan hangat dapat menenangkan puting susu karena kondisinya yang hangat dan lembap.

5. Handuk hangat
Seperti halnya air panas dapat mengobati berbagai penyakit, sediakan handuk dan celupkan pada air panas, kemudian tempelkan pada puting susu Anda yang nyeri. Rasa hangat dan lembapnya dapat menenangkan rasa sakit yang Anda rasakan.

6. Es batu
Jika Anda berani, tempatkan es batu langsung di sekitar puting susu Anda, atau Anda bisa menaruhnya di sebuah kantong terlebih dahulu sebelum meletakkannya di atas puting Anda. Pastikan melakukan cara ini sebelum Anda menyusui untuk mengurangi rasa sakit.

7. Air Susu Ibu (ASI)
Anda mungkin tidak pernah terpikir menyiapkan ASI untuk diri sendiri, namun hal ini bisa dicoba. ASI memiliki sifat anti bakteri yang besar, sehingga membasuh puting susu yang luka dengan ASI merupakan ide bagus yang bisa Anda coba. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membiarkan puting susu dalam keadaan terbuka dan terkena udara segara setelah membasuhnya.

Artikel Selanjutnya
Mau Langgeng? Jangan Pernah Ucapkan 6 Hal Ini pada Pasangan
Artikel Selanjutnya
Jangan Menyesal, Ini 20 Keuntungan Masih Single Saat Ini