Sukses

Manhattan Akan Punya Gardu Pandang Berbentuk Sarang Lebah

Liputan6.com, Jakarta New York City akan membangun tangga raksasa sebagai gardu pandang yang digunakan untuk melihat panorama keindahan kota. Dirancang oleh arsitek asal Inggris bernama Thomas Heatherwick, gardu pandang yang dibangun di kawasan Manhattan ini akan dibuka untuk umum pada 2018.

Seperti yang diberitakan laman cntraveler, Selasa (3/1/2017), gardu pandang setinggi sekitar 45 meter ini dirancang sangat apik dengan struktur yang terdiri dari interkoneksi banyak tangga. Bagian sisi bangunan ini merupakan kaca, sehingga memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan secara utuh lanskap kota New York dari ketinggian.

“Bangunan ini akan memberikan cara yang baru dan unik untuk melihat kota. Kekuatan gardu pandang ini adalah perspektif yang bisa berubah-ubah,” kata Heatherwick.

Lebih jauh sang arsitek mengatakan, bangunan gardu pandang ini terinspirasi dari bangunan sumur tua Chand Baori di India. Memiliki ratusan pijakan dengan total 150 tangga, 80 tempat pandang yang berbeda, bangunan ini dibangun menggunakan bahan dasar perunggu, baja, dan beton yang dibuat di Italia. Struktur bangunannya yang oval dari kejauhan menyerupai sarang lebah.

Foto: New York Times

“Saya berharap bangunan ini bisa memberikan pengalaman dan cara pandang baru bagi banyak orang dari perpektifnya masing-masing,” ungkap Heatherwick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.