Sukses

6 Kebiasaan Belajar Siswa yang Baik

Liputan6.com, Jakarta Waktu masuk sekolah sudah tiba, dan semester baru sudah dimulai! Di momen awal tahun ini, ada baiknya para siswa memulai kebiasaan belajar yang baru yang tentunya lebih baik dibandingkan sebelumnya. Berikut adalah 6 kebiasaan belajar bagi siswa yang baik, seperti dilansir dari magforwomen.com, Jumat (6/1/2016).

1. Mencatat
Siswa yang baik selalu rajin mencatat materi pelajaran yang diajarkan gurunya. Catatan itu akan sangat berguna menjelang ulangan harian atau untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang sulit.

2. Memiliki Ruang Belajar
Hal ini memang tidak wajib dimiliki. Jika Anda memiliki cukup ruang di rumah, Anda dapat mengalokasikannya sebagai ruang belajar. Ruang belajar khusus akan membuat Anda menjadi lebih nyaman dan fokus ketika belajar.


3. Membuat Diagram atau Ringkasan
Siswa yang baik biasanya kreatif dalam belajar. Mereka akan membuat rangkuman atau ringkasan yang mempermudah belajar mereka. Mereka suka membuat gambar-gambar seperti grafik atau diagram yang mudah dibaca dan dipahami. Sehingga mereka akan menyerap pelajaran dengan sempurna. 


4. Membuat Jadwal
Siswa yang baik menjadwalkan waktu belajar mereka, seperti minimal satu jam sehari. Dengan membuat jadwal belajar yang teratur, mereka akan menjadi lebih disiplin dalam belajar.


5. Berlatih
Siswa yang rajin berlatih dan giat mencoba, akan lebih terbiasa dan siap untuk menghadapi ujian kelak. Berlatih mengerjakan soal-soal bisa menjadi salah satu cara belajar yang efektif.


6. Melakukan Usaha Ekstra
Siswa yang baik seharusnya melakukan usaha ekstra, seperti menambah waktu belajar dan mengurangi waktu bermain. Fokus pada pendidikan membutuhkan usaha yang keras agar dapat bersaing secara sehat.

 


(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Tips Praktis Perawatan Kulit Saat Perjalanan Mudik
Artikel Selanjutnya
Berapa Banyak Pengiring Pengantin untuk Pernikahan Ideal?