Sukses

9 Makanan ini Ternyata Kurang Baik bagi Kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali jenis makanan dan olahan di dunia ini. Semuanya itu dapat memberikan tenaga bagi tubuh manusia sebagai sumber energi, tetapi tidak semua makanan ternyata baik untuk di konsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari berdasarkan yang dikutip dari mashed.com, Jumat (6/1/17)

1. Soda

Meskipun Anda mungkin tahu bahwa minum terlalu banyak soda buruk bagi Anda karena kandungan gula yang tinggi dan kurangnya manfaat gizi, tetapi Anda mungkin tidak menyadari betapa buruknya dampak dari mengonsumsi soda. Selain menjadi faktor yang berkontribusi terhadap epidemi obesitas dan katalis untuk diabetes, soda dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Menurut Rodale Organic Life, pewarna karamel buatan yang membuat banyak warna soda coklat telah terbukti menyebabkan kanker pada hewan. Selain itu, fosfat dalam soda yang membantuagar soda bertahan lebih lama mungkin memiliki efek degeneratif ketika dikonsumsi berlebihan, mungkin membawa pada efek dari penuaan dini.


2. Roti Putih


Roti putih dibuat dengan biji-bijian olahan yang bertentangan dengan biji-bijian yang disarankan ada dalam diet harian Anda. Tepung halus telah dilucuti dari dedak gandum, merupakan bagian dari gandum yang mengandung serat. Anda perlu serat dalam tubuh untuk membantu tetap teraturnya sistem pencernaan Anda dan flush usus, sebagai bagian dari proses pembersihan alami. Mengkonsumsi hanya roti putih bisa membuat Anda sembelit dan gelisah. Namun, Anda dapat melawan efek negatif ini dengan memasukkan lebih utuh produk roti gandum ke dalam makanan sehari-hari Anda dan makanan ringan. Jika Anda tahu bahwa roti gandum yang lebih baik untuk tubuh Anda, tetapi benar-benar lebih suka rasa dari roti putih, cobalah membeli produk yang dibuat dengan gandum putih.


3. Jus Buah


Jus buah sering dilihat baik untuk Anda. Anda mungkin akan terkejut untuk menyadari bahwa banyak jus buah yang dibeli di toko mengandung banyak gula seperti soda. Sementara mereka mungkin mengandung beberapa vitamin dan mineral, kadar gula yang tinggi membuang jauh manfaat vitamin dan mineral yang ada. Untuk memproses jus buah yang paling komersial, rasa alami yang diekstraksi dan yang buatan ditambahkan untuk menggantikan mereka. Smoothie buatan sendiri adalah cara yang bagus untuk menggabungkan buah-buahan dalam diet Anda tanpa mengalah terhadap daya pikat manis dari jus buah yang dapat dibeli di toko.


4. Minyak Nabati


Sebagai alternatif untuk mengganti lemak hewani seperti mentega atau lemak babi, Anda mungkin dituntun untuk percaya bahwa minyak nabati baik untuk tubuh Anda. Minyak nabati komersial dipompa dengan gas hidrogen untuk meningkatkan massa minyak, tetapi sebagian hidrogenasi minyak ini juga memberikan mereka lemak trans. Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah dimodifikasi menjadi lebih stabil, namun menurut American Heart Association, mengknsumsi lemak trans membuat Anda lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Memasaklah dengan menggunakan mentega tawar atau minyak zaitun untuk menghindari risiko bertambahnya lemak trans pada tubuh. 


5. Makanan Ringan Bebas Gluten


Satu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kelebihan gluten dapat memicu peningkatan 70 persen pada faktor yang berhubungan dengan sindrom usus bocor, penyakit celiac dan alergi gluten lainnya yang berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Akan tetapi bukan berarti terbebas dari gluten membuat tubuh tetap sehat, banyak makanan ringan bebas gluten telah menghindari protein gandum ketan, mereka bisa menambahkan gula halus sebagai gantinya. Jika Anda mempertahankan diet bebas gluten, ingat untuk menjaga pola makan tetap seimbang. 


6. Yogurt Rendah Lemak


Jika Anda sering memilih yogurt rendah lemak di toko, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali. Pertama, yogurt rendah lemak sering menambahkan gula agar youghurt tetap memiliki rasa yang enak untuk dinikmati. Oleh sebab itu, selalu pastikan kandungan yang tertera pada label kemasan yoghurt yang Anda beli untuk mengetahui dengan pasti kandungan yang berada didalamnya.

7. Keju yang Diawetkan


Ada perbedaan besar antara keju sesungguhnya dan "produk keju olahan." produk keju yang biasa digunakan untuk dimakan bersama sandwich keju dan makanan cemilan. Produk keju olahan mengandung pewarna buatan, bahan kimia, dan zat adiktif lainnya. Harga yang lebih bersahabat sangat memungkinkan bahan tersebut bukanlah berasal dari susu yang sebenarnya.  Jadi, lebih cermatlah untuk memilih asupan yang baik untuk Anda konsumsi. 


8. Makanan Cepat Saji

American Heart Association memperingatkan bahwa makan makanan cepat saji dapat merugikan kesehatan Anda. Kandungan garam, minyak dan gula yang berlebih dan bahan pengawet pada makanan cepat saji merupakan alasan mengapa menu ini sangat tak dianjurkan untuk Anda konsumsi. 

9. Minuman Kopi

 

Cobalah untuk mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi kopi. Kopi dengan tambahan aneka ragam sirup dan krim sudah jelas sangat tak dianjurkan bagi tubuh Anda. Jika ingin menikmasti secangkir kopi, cobalah dengan cara yang sederhana namun menyehatkan. Ya, kopi hitaam dengan sedikit susu sambil ditemani sekeping biskuit untuk menambah nikmatnya rasa kopi tersebut. 


(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Konsumsi Makanan Sehat
Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mengandung Gula