Sukses

Liburan Bersama Si Kecil? Ini 5 Hal yang Tak Boleh Dilupakan

Liputan6.com, Jakarta Liburan bersama si kecil, kenyamanan mereka menjadi prioritas utama yang perlu Anda pertimbangkan. Jika anak tenang, otomatis Anda sebagai orang tua akan merasa nyaman selama liburan. Bagaimana membuat anak tidak terganggu mood-nya? Mudah saja, Anda hanya perlu melakukan lima hal berikut ini:

1. Siapkan ransel kecil untuk mereka bawa sendiri

Jika anak berusia sekitar 3 tahun atau lebih, siapkan ransel kecil yang bisa mereka bawa sendiri. Ransel ini bisa berisi mainan dan camilan favoritnya. Dengan begitu, si kecil akan tetap tenang dan bisa mengambil camilan jika mulai lapar, atau mengeluarkan mainannya saat mulai bosan. Yang penting, sediakan camilan secukupnya saja agar si kecil tak mengonsumsi secara berlebihan.

2. Pastikan tiket masuk tempat wisata sudah ada di kantong

Berkunjung ke tempat wisata populer, bukan tak mungkin Anda harus mengantre saat membeli tiket masuknya. Antrean yang panjang dan lama di loket akan membuat anak-anak cepat bosan dan merasa tidak nyaman. Jangan sampai sebelum masuk ke tempat rekreasi, mood anak sudah jelek dan berakibat pada berkurangnya antusiasme menikmati beragam wahana permainan menarik yang tersedia.

Itu sebabnya, tiket masuk tempat wisata ini lebih baik sudah dikantongi jauh-jauh hari, apalagi untuk tempat wisata yang populer. Beruntung, Traveloka kini melengkapi layanannya dengan pemesanan tiket masuk tempat wisata favorit di Asia. Layanan baru bernama Aktivitas & Rekreasi ini memungkinkan Anda memesan tiket masuk tempat rekreasi seperti Universal Studio Singapore, Legoland Malaysia, Waterbom Bali, dan beragam tempat rekreasi populer lain dengan mudah hanya lewat Traveloka App versi 2.9.2 ke atas, khusus untuk Android. Lebih lanjut, Anda bisa berhemat hingga Rp100.000 jika Anda memesan sebelum tanggal 8 Januari 2016.

3. Buat si kecil tetap sibuk

Khawatir anak mulai merajuk karena jadwal penerbangan yang tertunda? Jadwal penerbangan yang tertunda, macet di perjalanan darat, dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya bisa membuat anak cepat bosan. Sebenarnya, ini bisa diakali dengan membuat anak tetap sibuk.

Jaga konsentrasi si kecil dengan memberinya kesibukan ringan. Cara yang bisa dicoba adalah dengan memberikannya sebuah buku catatan, minta mereka membuat jurnal perjalanan sesukanya. Kamera juga bisa digunakan. Biarkan mereka melakukan eksplorasi lingkungan sekitarnya dengan kamera, mereka akan sibuk mengambil foto dan tidak peduli pada kemacetan atau jadwal penerbangan.

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengajak mereka melakukan permainan kecil seperti tebak lagu atau mencocokkan warna pakaian mereka dengan mobil yang lewat di jalan raya. Tentu saja, Anda bebas mengubah permainan sesukanya untuk tetap membuat mereka terhibur.

4. Libatkan anak yang lebih tua

Tak perlu panik jika Anda harus berlibur dengan dua anak atau lebih sekaligus. Malah, Anda bisa mengambil keuntungan dari hal ini. Libatkan anak yang lebih tua untuk menjaga adiknya. Berikan mereka sedikit tanggung jawab dengan cara mengajak adiknya bermain selagi Anda mengurus keperluan lain. Cara ini juga bisa menumbuhkan ikatan persaudaraan yang lebih kuat di antara mereka.

Meskipun Anda meminta anak yang lebih tua untuk ikut membantu menjaga adiknya, Anda masih harus mengawasi mereka. Beri mereka beberapa peraturan kecil, misalnya mereka tak boleh melakukan permainan yang butuh gerakan fisik berlebihan seperti berlari.

5. Simpan pakaian ganti di tempat yang mudah dijangkau

Saat sedang asyik bermain, anak bisa mengotori pakaiannya kapan saja. Anda tak boleh lupa membawa pakaian ganti untuk si kecil, termasuk saat dalam perjalanan ke destinasi liburan. Karena bisa terjadi kapan saja, simpan pakaian bersih di tempat yang mudah dijangkau.

Jika naik pesawat, pastikan pakaian ganti ini ada di dalam tas yang Anda bawa masuk ke dalam kabin, bukan bagasi pesawat. Ini dimaksudkan agar Anda bisa mengambilnya dengan mudah.

Kunci kesuksesan liburan yang sebenarnya memang terletak pada kenyamanan si kecil. Dengan menerapkan lima hal di atas, anak Anda dijamin bisa lebih tenang dan tak mudah bosan. Dampaknya? Tentu saja semua anggota keluarga yang bisa menikmati liburannya dengan maksimal.

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Curhat Pemudik Motor dari Kocak Sampai Menyayat
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 4 Tips Tak Tertinggal Pesawat Saat Mudik