Sukses

Trip Keren: Menikmati Matahari Pertama 2017 di Gunung Sunda

Liputan6.com, Jakarta Malam pergantian tahun menjadi salah satu momen yang tepat untuk menikmati keindahan alam. Salah satu lokasi yang asyik untuk dijadikan lokasi melihat sunrise pertama di tahun baru adalah di Sukabumi, Jawa Barat. Terletak di sekitaran pusat kota, Gunung Sunda menjadi tempat keren menikmati indahnya matahari tahun baru dengan pemandangan yang luas.

Dari pusat kota, perjalanan menempuh jarak sekitar 10 kilometer atau menghabiskan waktu sekitar 20 menit menuju daerah Jalur. Di lokasi inilah terdapat Gunung Sunda, destinasi wisata pegunungan yang belum banyak terekspose.

Untuk melihat keindahan panorama keindahan matahari terbit, Anda dianjurkan untuk tiba sekitar pukul 05.00 pagi.

Hanya dengan membayar Rp 10 ribu, Rp 5 ribu untuk tiket masuk dan Rp 5 ribu untuk biaya parkir, Anda sudah bisa menyaksikan keindahan panorama yang ditawarkan. Terdapat tangga sepanjang sekitar satu kilometer yang bisa dilalui untuk sampai ke puncak. Saat hari masih gelap, disarankan untuk menggunakan senter untuk penerangan jalan. 

Menikmati sunrise awal tahun di puncak Gunung Sunda Sukabumi nan Indah (foto : akbarmuhibar)

Disepanjang perjalanan, Anda akan melihat beberapa kalimat-kalimat penyemangat yang kekinian. Misalnya “Sampai di Sini Bakalan Anti-Jomblo”, dan berbagai kalimat lainnya hingga ke puncak Gunung. Di bagian tengah tangga juga ada sebuah warung kopi yang bisa dikunjungi pada malam hari sebagai tempat asyik melihat pemandangan.

1 dari 2 halaman

Keadaan Puncak Gunung Sunda

Sampai di puncak, terbentanglah sebuah lapangan luas yang terbagi menjadi beberapa bagian. Pada bagian depan ada deretan saung yang disediakan untuk para pengunjung mengarah timur di mana matahari akan terbit. Lalu ada lapak perkemahan, yang bisa digunakan untuk membuka tenda dan menyaksikan bintang-bintang di langit pada malam hari. Di puncak Gunung Sunda juga ada lapangan untuk berbagai kegiatan budaya yang diadakan pada saat-saat tertentu.

Menikmati sunrise awal tahun di puncak Gunung Sunda Sukabumi nan Indah (foto : akbarmuhibar)

Saat mentari bersinar, pemandangan Gunung Pangrango menjadi lebih indah berselimutkan kabut tebal yang perlahan menghilang. Hamparan sawah menghijau yang ditemani deretan perkampungan menjadi menarik sebagai objek bidikan kamera. Ketika mentari sudah mulai naik, cahaya akan menyoroti Gunung Halimun yang ada di kejauhan. Tentu saja keajaiban Tuhan ini memberikan sensasi menyegarkan dan membahagiakan di awal tahun 2017.

Menikmati sunrise awal tahun di puncak Gunung Sunda Sukabumi nan Indah (foto : akbarmuhibar)

Untuk mendapatkan pengalaman sunrise mengasyikkan di Gunung Sunda, pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup, seperti jaket untuk melawan dingin dan kamera untuk mengabadikan pemandangan. Selain itu membawa makanan ringan juga dianjurkan, agar mendapatkan asupan energi kembali ketika sudah sampai di puncak. Namun jangan lupa untuk selalu mengumpulkan sampah sebelum kembali ke bawah. Karena masih banyak pengunjung yang tidak mengindahkan peraturan sehingga sampah berserakan di mana-mana.