Sukses

3 Cara Ubah Rasa Iri Jadi Motivasi

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah merasa iri terhadap apa yang terjadi pada orang lain. Namun, orang cerdas akan mengubahnya menjadi motivasi. Bagaimana cara manghilangkan iri dan memotivasi diri?

Rasa iri sangat wajar dimiliki oleh setiap orang. Sebenarnya rasa itu tidak selalu diartikan negatif, sebab itu bisa menjadi sumber informasi dari diri sendiri.

"Rasa iri dapat memberikan informasi berharga bagi Anda. Sebab, itu memberikan petunjuk apa yang Anda inginkan dalam hidup ini," ujar Zelena Montminy, penulis 21 Days to Resilience, seperti dikutip dari Cosmopolitan, Jumat (6/1/2017).

Maka jangan ragu memanfaatkan rasa iri Anda untuk mendapatkan motivasi baru. Berikut caranya.

1. Lihat ke dalam
Karena rasa iri bukan terhadap orang lain, tetapi ke dalam diri sendiri. Anda merasa iri bukan karena keberhasilan atau hal yang dipunyai orang lain, melainkan terhadap apa yang tidak ANda miliki. 

Ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menggali lebih dalam tentang diri Anda. Apa yang Anda inginkan, dengan merefleksikan pada rasa iri Anda. Lihat apa yang ia miliki sampai Anda merasa iri, dan definisikan itu.

1 dari 3 halaman

Buat tujuan

2. Buat tujuan
Jika Anda tidak memiliki tujuan dalam hidup, wajar saja bila Anda tidak sadar apa pencapaian yang telah diciptakan. Daripada iri dengan kesuksesan orang lain, lebih baik membuat tujuan yang ingin Anda capai. Anda dapat menggunakan definisi yang telah diciptakan untuk membantu dalam membuat tujuan.

Kemudian, Anda perlu berusaha mewujudkannya. Sebut lah tujuan Anda ingin mendapatkan lebih banyak uang, tentu Anda harus bekerja lebih giat. Tujuan mendapatkan jodoh, Anda perlu memberanikan diri berkenalan dengan orang-orang baru, dan sebagainya.

2 dari 3 halaman

Konsisten

3. Konsisten
Mendapatkan apa yang menjadi tujuan Anda bukan perjuangan semalam. Anda harus konsisten dan tetap berusaha untuk mencapainya. Meskipun kadang perjalanan untuk mendapatkannya tidak mulus, tetapi jangan berhenti dan tetap lah berusaha.

Sebagai solusinya, Anda dapat menjabarkan upaya Anda mencapai tujuan ke dalam hal-hal kecil yang Anda bisa capai setiap hari. Ini akan membantu Anda konsisten pada tujuan.

Artikel Selanjutnya
Tanpa Seks, Wanita Ini Ingin Kalahkan Popularitas Kim Kardashian
Artikel Selanjutnya
Kumpulkan Berkah Ramadan dengan Berbagi Kebaikan