Sukses

Waduk Sermo, Destinasi Wisata Seru di Kulonprogo, Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta Waduk Sermo menjadi salah satu tempat wisata seru selain sebagai penyangga pertanian di Kulonprogo dan Yogyakarta. Waduk Sermo juga menjadi satu-satunya waduk terbesar di Yogyakarta yang berhasil menarik para wisatawan. Biasanya para wisatawan menikmati perahu wisata untuk berkeliling di waduk Sermo. Namun ternyata ada daya tarik lainnya selain perahu wisata. Kini waduk Sermo memiliki spot foto Kano Akar Liar. Tempatnya tidak jauh dari tempat perahu wisata waduk Sermo.

Hesti Romaniyasih, pengelola obyek wisata baru waduk Sermo, mengatakan bahwa spot ini masih terhitung baru. Sehingga, tak banyak wisatawan yang tahu objek spot selfie terbaru di waduk Sermo. 

"Baru buka pas habis Lebaran Idul Fitri 2016 kemarin. Sudah mulai banyak sekarang," katanya Jumat (30/12/2016).

Waduk Sermo, Destinasi Wisata Seru di Kulonprogo, Yogyakarta

Ia menjelaskan spot selfie ini ada di pinggir Waduk Sermo dengan memanfaatkan pohon kelapa di pinggir waduk dan membuat panggung yang digunakan untuk tempat foto. Selain itu, area dermaga dari kayu juga dilengkapi kano untuk berfoto. Di tempat inilah foto selfie pinggir waduk dengan background akar liar dan waduk menjadi istimewa.

"Foto di kano sama akar liar. Ada spot panggung di pohon kelapa. Kalau hari Minggu pakai kano. Cuma pura-pura mendayung aja intinya buat foto selfie dengan pasangan atau teman," katanya.

Sementara itu, Rita Sugiarti, pengelola lainnya, mengatakan untuk masuk ke spot ini harus membayar Rp 500. Spot ini buka sejak pukul 08.00 WIB hingga usai. Jika musim libur tiba, jumlah pengunjung di spot ini bisa mencapai 1000 orang.

"Hari biasa bisa sampai seratus orang. Kebanyakan mahasiswa dari luar kota juga banyak. Padahal, promosinya hanya lewat Instagram saja," ujarnya.

Sementara itu Kuat Tri Utomo, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, mengatakan saat ini Waduk Sermo menjadi salah satu penyangga destinasi wisata di Kulonprogo. Terutama saat bandara baru di Kulonprogo selesai dibangun. Sehingga perlu disiapkan obyek wisata yang bagus. Saat ini sudah mulai tumbuh obyek wisata baru di waduk Sermo, Yogyakarta, salah satunya foto kano ini.

"Banyak sekarang ada destinasi baru di Sermo ada foto kano, taman bambu dan bukit Petu. Banyak yang baru jadi banyak pilihan wisatawan," katanya.

(Yanuar H)

    Artikel Selanjutnya
    Jelajah Bendungan yang Seru di Waduk Jatibarang Semarang
    Artikel Selanjutnya
    Pagi Mendebarkan di Jalur Arung Jeram Longalo River