Sukses

Menurut Sains, Inilah 3 Cara Memulai Pertemanan

Liputan6.com, Jakarta Di tahun yang baru, setiap orang pasti memiliki komitmen untuk memperbaiki diri. Jika salah satu resolusi Anda adalah memulai lebih banyak pertemanan, ada ilmu pengetahuan yang dapat membantu Anda melakukan dan mewujudkannya.

Jon Levy, ilmuwan yang mempelajari perilaku manusia menyarankan Anda untuk melakukan tes Lakmus, seperti dilansir dari mydomaine.com, Kamis (5/1/2016). Tes Lakmus adalah tes yang biasa dilakukan pada kelas sains untuk mengukur warna sejati dari seseorang.

Anda juga dapat melakukannya dengan mengajukan pertanyaan kunci yang memanfaatkan karakter sebenarnya dari orang tersebut, yang itu "Berapa banyak rata-rata seorang karyawan akan mencuri uang dari kasir dalam waktu satu tahun?" Pertanyaan ini akan membuat orang lain menempatkan diri mereka di posisi tersebut dan berperilaku seperti situasi di atas, sehingga semakin tinggi angka yang diberikan, semakin besar kemungkinan orang tersebut tidak jujur.

Yang kedua, Anda bisa melakukan sesuatu yang jarang mau dilakukan oleh orang lain, seperti meminjamkan barang langka yang Anda miliki kepada orang lain. Perjuangan yang Anda lakukan untuk orang lain akan dengan cepat memulai pertemanan, bahkan persahabatan.

Jon menyatakan bagaimana penelitian telah menunjukkan bahwa ikatan dapat terwujud dengan permintaan kecil yang terus semakin besar, karena dengan hal ini, orang lain akan menyukai Anda. Cara ini dinamakan efek Ben Franklin.

Cara terakhir yang juga dapat Anda lakukan adalah stimulasi Misattribution. Ketika seseorang mengalami gairah fisik karena petualangan dan tawa, orang tersebut tidak hanya merasakan gairah untuk pengalaman itu saja, namun juga untuk orang yang bersama mereka dan saling berbagi. Misalnya, Anda pergi ke sebuah acara komedi bersama rekan-rekan kerja, rekan kerja secara otomatis juga akan menganggap Anda lucu, walaupun sebenarnya tidak.

Artikel Selanjutnya
7 Cara Raih Kesuksesan Baik Karier dan Pribadi
Artikel Selanjutnya
Beberapa Sifat Negatif Ini Akan Membuat Anda Dibenci Banyak Orang