Sukses

4 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Usia 30 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Usia 30 tahun memang menakutkkan bagi beberapa orang saat mereka merasa belum berubah. Hal ini disebabkan karena tidak memanfaatkan usia 20 untuk melakukan hal-hal yang membuat usia 30-an menjadi batu loncatan yang luar biasa. Untuk menghindari ketakutan akan usia 30 tahun, lakukan 4 hal ini sekarang juga, seperti dikutip dari lifehack.org, Jumat (30/12/2016).

Ambil risiko dan kegagalan
Apakah sebelum mencapai usia 30 tahun, Anda pernah mengalami kegagalan? Bila belum pernah, maka bisa jadi Anda tidak pernah mau mencoba sesuatu yang baru. Kegagalan adalah sebuah bukti bahwa pengembangan diri telah berlangsung dan keberanian akan menghadapi risiko yang besar. Keberanian inilah yang akan membawa Anda menuju usiar 30 yang sangat berkesan.

Lakukan apa yang Anda suka dan tidak suka
Banyak hal yang bisa Anda coba, mulai dari pekerjaan, hingga berbagai hobi yang benar-benar disukai. Berbagai percobaan ini akan membawa Anda lebih mudah menentukan apa fokus hidup yang selanjutnya setelah usia 30 tahun. Makin lama tidak mencoba hal yang disukai, makin lama Anda memperoleh kehidupan yang sempurna.

Mengetahui cara belajar yang cocok
Jenis belajar memang berbeda-beda setiap orang, oleh karena itu harus dicari sendiri sejak awal usia 20. Hal ini disebabkan karena kehidupan yang selalu berkembang dan manusia dituntut harus belajar terus selama hidupnya. Bila Anda sudah mengetahui cara belajar yang cocok, maka memasuki usia 30 tahun tidak akan terasa mengerikan.

Berkelana ke tempat berbeda
Mengunjungi berbagai tempat yang berbeda akan membuat Anda merasakan kebudayaan yang bergam. Dengan demikian Anda akan bellajar bagaimana memahami orang lain, memahami alam dan berpikiran positif untuk kedepannya. Perjalanan ini akan menjadi sebuah memori yang penting untuk Anda agar bisa melewati usia 30 dengan mudah.