Sukses

Ini Festival Budaya Wajib Kunjung di 2017

Jangan melewatkan kesempatan menyaksikan festival budaya yang digelar di beberapa daerah di Indonesia pada 2017.

Liputan6.com, Jakarta Keberagaman budaya yang ada di Indonesia jelas menjadi salah satu cara untuk memikat para wisatawan lokal maupun mancanegara datang. Salah satu wisata budaya yang ada di Indonesia adalah upacara adat atau festival budaya yang diadakan di beberapa daerah.

Acara tradisional tersebut biasanya masih dibalut dan dikemas dengan nuansa tradisional yang kental. Inilah yang menjadi daya pikat untuk menarik wisatawan datang ke sana.

Di tahun 2017 nanti, Anda tentu tak ingin ketinggalan kesempatan untuk bisa menyaksikan langsung acara adat tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2017) berikut ini daftar festival budaya yang harus Anda datangi di tahun depan.

1. Festival Ya’ahowu, Nias

Festival Ya’ahowu diadakan setiap satu tahun sekali di Desa Bawomataluo. Masyarakat desa ini masih memegang teguh unsur adat istiadat yang ada di kampung halaman mereka. Pada Festival ini Anda menyaksikan seni pertunjukan dan hiburan berupa gelaran tari perang. Para penduduk lokal pun menggunakan pakaian tradisional khas Nias. Dalam festival ini tak lupa pula dihadirkan pertunjukan lompat batu yang terkenal. Selain untuk melestarikan tradisi Nias, festival ini diharap dapat menjadi salah satu langkah promosi wisata di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Festival Adat Yadnya Kasada, Gunung Bromo

Yadnya Kasada yang rutin diadakan setiap tahun di Gunung Bromo

Yadnya Kasada atau Kesodo merupakan salah satu ritual tahunan terbesar suku asli Tengger di Bromo. Setiap tahunnya, pada hari ke-14 bulan Kasada, umat Hindu Tengger akan melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo. Semua itu merupakan bentuk rasa syukur dan terima kasih atas kesejahteraan yang dianggap telah diberikan Gunung Bromo sepanjang tahun kepada masyarakat sekitar. Ritual Yadnya Kasada terbuka untuk umum dan biasa dilakukan setelah matahari terbit. Sebelumnya, masyarakat Tengger akan sembahyang terlebih dahulu di Pura Luhur Poten yang berada di lautan pasir kaki Gunung Bromo. Dengan mengikuti upacara Yadnya Kasada, Anda tidak hanya bisa menyaksikan keunikan tradisi suku Tengger. Anda pun bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dari Gunung Bromo. Untuk tahun depan, diperkirakan Yadnya Kasada akan jatuh pada tanggal 9 – 10 Juli 2017

3. Festival Capgomeh Singkawang, Kalimantan Barat

Atraksi ekstrim selalu dinanti oleh pengunjung saat menyaksikan Festival Cap Go Meh Singkawang

Festival budaya penutup Tahun Baru Cina di Singkawang ini terkenal hingga mancanegara. Bagaimana tidak, perayaan tersebut digelar dengan sangat meriah di tempat ini. Barisan pengisi acara festival berjajar rapi untuk berkeliling kota. Mereka pun menggunakan baju-baju tradisional yang unik dan khas. Yang unik dan menarik minat para pengunjung untuk datang ke festival ini adalah melihat atraksi ekstrim yang dilakukan para tatung atau perantara roh dewa. Atraksi ekstrem yang dilakukan oleh para tatung yang sudah dirasuki ini biasanya adalah menusukkan benda-benda tajam ke tubuh mereka. Tak hanya itu, di festival ini pun diadakan juga acara lelang dan sedekah untuk membantu para warga yang kurang mampu.

Berencana untuk ke menyaksikan langsung festival budaya Indonesia di tahun 2017 nanti? Jangan lupa cek selalu Reservasi.com untuk mendapatkan informasi promo tiket pesawat dan layanan hotel setiap harinya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.