Sukses

Cara Baru Traveling Murah ke Raja Ampat

Liputan6.com, Jakarta Kepualauan Raja Ampat selalu menjadi tujuan liburan impian semua orang. Destinasi wisata yang berada di wilayah timur Indonesia ini pesonanya memang sudah tersebar hingga mancanegara.

Ya, Raja Ampat memang terkenal dengan surga alam bawah lautnya. Taman laut dan biodiversitas Raja Ampat diakui menjadi yang terbaik dan nomor satu di Indonesia. Tak hanya itu, gugusan pulau yang berada di Raja Ampat pun memiliki keindahan yang memesona.

Sayangnya, akses menuju kepulauan indah ini memang sulit. Anda yang berniat ke sana harus merogoh kocek dalam-dalam, mengingat biaya akomodasi dan transportasi menuju Raja Ampat terbilang mahal.

Sebenarnya, traveling ala backpacker bisa jadi solusi untuk Anda yang ingin ke sana tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Berikut ini tips liburan murah ke Raja Ampat seperti disusun tim Liputan6.com, Kamis (28/12/2016).

1. Transportasi
Transportasi adalah poin utama yang harus diperhatikan saat membuat daftar travel budget. Supaya lebih murah, jangan berangkat di musim liburan karena saat-saat tersebut harga tiket pesawat akan melambung tinggi. Cari promo tiket pesawat menuju Sorong jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Cara yang lebih murah untuk ke Sorong bisa dilalui dengan menggunakan kapal laut. Namun, Anda membutuhkan waktu berhari-hari untuk sampai ke sana. Saat sudah tiba di Sorong, manfaatkan ojek atau mobil sewa untuk mobilisasi Anda. Kedua kendaraan tersebut biaya operasionalnya lebih murah jika dibandingkan dengan taksi.

2. Akomodasi
Daripada resort mewah atau vila, Anda bisa memilih homestay atau rumah singgah untuk menginap di Raja Ampat. Kisaran harga homestay paling murah di Raja Ampat adalah Rp 350-400 ribu. Beberapa homestay murah tersebut pun sudah memasukkan biaya makan pada tarif sewa yang ditawarkan. 

3. Sharing is Caring
Agar lebih ekonomis, berlibur bersama rombongan kelompok bisa menjadi cara murah untuk Anda traveling ke Raja Ampat. Mulai dari biaya mobil sewa, kamar, hingga kapal untuk mengelilingi pulau di Raja Ampat bisa dibagi bersama teman-teman. Selain itu, pergi bersama teman-teman pun bisa menghemat pengeluaran makan karena bisa saling bertukar dan berbagi bekal yang dimiliki selama di perjalanan.

4. Ramah dengan Penduduk Lokal
Masyarakat di daerah Raja Ampat adalah orang-orang yang ramah dan murah senyum. Jangan segan untuk berkomunikasi dengan warga setempat di sana. Jika Anda ramah, mereka tak segan untuk memberikan informasi untuk bisa mengelilingi Kepulauan Raja Ampat dengan harga yang murah. Jika Anda beruntung, warga lokal pun biasanya mau menerima Anda untuk menginap di tempat mereka secara gratis.

5. Jangan Lapar Mata
Hal yang paling sulit dihindari saat berlibur adalah hasrat untuk belanja, baik barang mauapun makanan. Agar biaya traveling selama di Raja Ampat lebih murah, tekankan pada diri Anda untuk tidak lapar mata saat berada di sana. Jika ingin membeli sesuatu, pilihlah barang-barang yang memang Anda butuhkan.

Cari tiket promo pesawat ke Raja Ampat hanya di Reservasi.com. Diskon tiket dan layanan hotel hingga jutaan rupiah setiap harinya.

 

Artikel Selanjutnya
Mau Traveling Makin Murah Keliling Indonesia? Coba Cara Ini
Artikel Selanjutnya
​Ingin Hemat Saat Liburan? Lakukan ​Cara​ Ini