Sukses

6 Kereta Gantung Terpanjang dan Terindah, Adakah dari Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Kereta gantung bukan lagi suatu hal yang baru. Tiap negara memiliki wahana rekreasi ini sebagai daya tarik wisata. Bukan tanpa sebab, dari atas kereta gantung biasanya tersaji pemandangan alam yang luar biasa menawan. Naik kereta gantung juga menjadi pengalaman wisata yang berkesan dan selalu menyenangkan. Tak heran jika tiap negara di dunia terus berlomba menciptakan wahana rekreasi ini.

Seperti dikutip dari laman Theguardiant, Kamis (29/12/2016), di dunia setidaknya ada 6 kereta gantung dengan pemandangan alam terindah. Tak hanya indah, beberapa di antaranya bahkan juga dibangun di atas tebing tinggi dan mempunyai kabel yang panjang. Berikut 6 kereta gantung paling menawan di dunia, adakah dari Indonesia?

Peak to Peak Gondola, British Columbia, Kanada
Dengan panjang kabel mencapai tiga kilometer dan durasi sekitar 11 menit, kereta gantung tersohor di Kanada ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan berupa puncak gunung api, hujan hujan, hingga gletser. Tak hanya itu, jika beruntung Anda juga berkesempatan menyaksikan beruang hitam yang eksotis.

1 dari 6 halaman

Merida Cable Car, Venezuela

foto: The Guardian

Setelah ditutup bertahun-tahun, kereta gantung yang diklaim tertinggi di dunia ini akan beroperasi kembali di tahun 2017. Dibangun sejak 1960 sebagai sarana transportasi, Merida Cable Car melayani rute sepanjang 12,5 kilometer. Setelah direnovasi pada April 2016, kereta gantung ini siap digunakan kembali pada awal tahun depan. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi dunia pariwisata Venezuela.

2 dari 6 halaman

Cabrio, Swis

foto: The Guardian

Berbeda dengan kereta gantung pada umumnya, Cabrio memiliki atap terbuka, sehingga para penumpang bisa merasakan hembusan angin saat berada di dalamnya. Memiliki rute sepanjang 1.900 meter, kereta gantung ini menawarkan keindaha pemandangan Danau Lucerne yang epik. Yang menarik, saat berada di dalam kereta gantung ini, Anda bisa selfie dengan latar belakang pemandangan alam dari ketinggian, pasalnya kabin bagian atas dibuat terbuka. Tak hanya itu, bahkan setelah sampai di tujuan akhir, ada restoran berkonsep pemandangan alam.

3 dari 6 halaman

Tianmen Mountain, Tiongkok

foto: The Guardian


Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan pegunungan provinsi Hunan, Tiongkok, kereta gantung ini menjadi pilihan utamanya. Dibangun di atas ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, kereta gantung ini memiliki panjang rute mencapai tujuh kilometer. Dengan panjang tersebut, kereta gantung paling terkenal di Tiongkok ini diklaim sebagai kereta gantung terpanjang di dunia. Yang menarik, di akhir perjalanan penumpang akan merasakan jalan menurun dengan sudut curam mencapai 37 derajat.

4 dari 6 halaman

Sugarloaf Mountain, Rio de Janeiro

foto: The Guardian

Rio de Janeiro merupakan salah satu destinasi wisata bertaraf internasional selain Dubai. Banyak atraksi wisata yang ditawarkan di kota dengan patung Yesus terbesar di dunia ini, salah satunya adalah kereta gantung Surgaloaf Mountain. Kereta gantung ini menjadi sangat populer dan mengundang daya tarik wisata setelah beberapa film Hollywood menjadikannya sebagai tempat pengambilan gambar.

5 dari 6 halaman

Ngong Ping 360, Hong Kong



foto: The Guardian

Salah satu cara untuk bisa menyaksikan patung Big Buddha di Hong Kong secara utuh adalah dengan menggunakan kereta gantung Ngong Ping 360. Dengan tinggi patung mencapai 26 meter, Big Buddha menjadi tempat pemberhentian terakhir bagi kereta gantung yang dilengkapi dengan taman indah dan restoran bagi vegetarian.

Artikel Selanjutnya
Mengintip Interior Shiki Shima, Kereta Termewah Dunia dari Jepang
Artikel Selanjutnya
Arsenalna, Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia