Sukses

4 Pertanyaan Ini Dapat Mengetahui Tingkat Kepercayaan Seseorang

Ingin mengetahui seberapa besar Anda bisa menaruh kepercayaan pada seseorang? Periksa melalui 4 pertanyaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hidup keberadaan sebuah kepercayaan sangat dibutuhkan. Tidak selamanya kita bisa menjadi orang yang kuat untuk menanggung semua beban pikiran sendirian. Ada kalanya kita perlu berbicara dan menerima pemikiran orang lain untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik dalam hidup. Memilih orang yang bisa dipercaya bukanlah perkara mudah.

Berbagi dengan seseorang hanya untuk sekedar bercerita beberapa hal yang tampaknya baik–baik saja mungkin akan lebih mudah, dibandingkan jika Anda ingin mendapatkan seseorang untuk berbagi hal yang pahit. Terkadang ketika kita sudah memasrahkan diri untuk menceritakan hal yang sebetulnya menjadi rahasia hidup justru respon yang tidak diharapkan yang muncul. Akhirnya beban yang dihadapi justru tidak berkurang, malah aib yang seharusnya ditutupi justru tersebar luas.

Anda sungguh beruntung jika berhasil menemukan orang yang benar–benar bisa dipercaya. Dilansir dari oprah.com, (Minggu 2/1/2017) berdasarkan pengalaman penulis yang bernama Elizabeth Gilbert ada 4 pertanyaan yang terlebih dahulu harus dijawabnya ketika dia butuh seseorang untuk dipercayai.

Bisakah Penilaian dan Penghakiman Seseorang Dipercaya

Ada kalanya ketika kita sudah membuka diri pada seseorang dan bercerita tentang permasalahan yang dihadapi kita ingin mendapatkan solusi dan jalan keluar untuk memecahkan persoalan. Kalaupun orang yang dipercaya itu tidak tahu jalan keluar terbaik untuk permasalahan yang kita hadapi, cukuplah untuk menjadi pendengar yang baik. Sayangnya terkadang kita terlalu terbuka terhadap orang yang salah. Apa yang kita ceritakan justru mendatangkan penilaian yang buruk tentang diri kita. Penghakiman yang merendahkan terhadap kita setelah bercerita justru membuat kita menjadi sakit. Bukan seperti itu hal yang diharapkan ketika mempercayai seseorang untuk berbagi masalah. Bercerita pada orang yang bisa dipercaya adalah untuk meringankan beban pikiran bukan semakin melukai perasaan sendiri.

Apakah Orang Itu Mengerti Apa yang Saya Lakukan

Mungkin di sekeliling Anda ada orang–orang yang berupaya untuk menjadi teman yang baik. Berusaha agar Anda bisa mempercayai mereka dengan memberikan saran–saran yang mungkin dianggapnya baik untuk Anda. Padahal saran yang diberikan bisa jadi sama sekali tidak dibutuhkan, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang Anda kerjakan. Ketika Anda butuh untuk mempercayai seseorang perlu untuk memastikan bahwa orang itu bisa mengerti apa yang Anda lakukan.

Apakah Orang itu Benar-Benar Menginginkan Kemajuan Untuk Hidup Saya

Sangat berbahaya jika kita bercerita rahasia pada orang yang salah. Bisa saja kita mempercayai seseorang yang menjadi musuh dalam selimut. Padahal seseorang yang bisa dikatakan sebagai orang yang bisa dipercaya tentu akan memberikan saran-saran yang berguna untuk kemajuan hidup kita. Mereka menginginkan kesuksesan untuk kita. Kebahagiaan yang kita miliki adalah kebahagiaan mereka pula. Jika Anda salah memilih orang bisa saja saran yang membuat diri makin terpuruk justru yang didapatkan.

Apakah Orang Itu Bisa Mengutarakan Kebenaran Tanpa Menyakiti

Kadang kita tidak siap untuk mendapatkan kebenaran yang disampaikan dengan cara yang menyakitkan. Bisa jadi kebenaran dan kejujuran adalah hal yang dibutuhkan untuk memperbaiki diri. Namun jika itu disampaikan dengan cara yang menyakitkan justru akan semakin melukai diri sendiri. 

Memang tidak mudah untuk menemukan kepercayaan. Dengan mengajukan 4 pertanyaan di atas semoga Anda bisa lebih selektif dan lebih mudah untuk menemukan orang terbaik yang bisa dipercaya.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini