Sukses

7 Hal yang Akan Terjadi di Tahun Pertama Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berpendapat bahwa tahun pertama pernikahan merupakan saat yang paling berat dan menentukan. Banyak hal mengejutkan yang terjadi dan tidak bisa diprediksi. Namun ada 7 hal yang pasti Anda dan pasangan alami di tahun pertama pernikahan, seperti dilansir dari allwomenstalk.com, Rabu (4/1/2017). Sebelum berikrar janji setia, persiapkan diri Anda untuk menghadapi hal-hal berikut selama 365 hari pertama menikah.

1. Bertengkar dengan pasangan
Anda dan pasangan memang saling mencintai satu sama lain, tapi tidak berarti rasa cinta tersebut akan membuat tahun pertama pernikahan Anda berjalan mulus. Setelah bulan madu berlalu, Anda dan pasangan akan menghadapi realitas. Semua sifat dan karakter yang selama pacaran belum ketahuan akan tersingkap setelah menikah. Hal tersebut berpotensi menimbulkan kesalahpahaman yang tak jarang berujung pada pertengkaran. Penting untuk selalu mengingat tujuan Anda dan pasangan menikah, dan ingatlah untuk selalu mengalah serta berkompromi.

2. Lebih sering di rumah daripada hang out
Saat pacaran, Anda dan pasangan mungkin terbiasa menghabiskan malam minggu bersama dengan menonton film, makan malam di luar, atau menghabiskan waktu di luar rumah. Tapi setelah menikah, Anda berdua mungkin jadi lebih menyukai berdiam diri di rumah, meskipun saat libur akhir pekan.

3. Persahabatan berubah
Setelah Anda menikah, hubungan yang selama ini Anda jalin dengan sahabat-sahabat pasti berubah. Anda tidak bisa lagi dengan mudah bersua dengan teman-teman Anda, atau menghabiskan waktu bersama dengan mereka seperti saat Anda masih lajang. Kabar baiknya, lingkaran persahabatan Anda akan bertambah karena sahabat pasangan Anda secara otomatis akan menjadi sahabat Anda juga.

4. Pertanyaan “Kapan punya anak?”
Pertanyaan ini pasti muncul setelah Anda menikah. Apalagi ketika Anda sedang menghadiri acara-acara keluarga atau reuni dengan teman-teman Anda. Sebenarnya pertanyaan tersebut merupakan bentuk basa-basi semata, jawablah dengan santai sambil meminta didoakan. Namun jika Anda mulai merasa terganggu, anggap saja angin lalu karena kehidupan pernikahan adalah urusan Anda berdua dengan pasangan.

5. Lebih mandiri dan tidak tergantung dengan pasangan
Jangan kaget jika setelah menikah Anda menghabiskan waktu luang di tempat terpisah. Anda sibuk dengan gadget, sementara pasangan asyik menonton televisi. Setelah menikah, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak perlu melakukan semua hal bersama dengan pasangan. Anda juga tidah harus mempunyai hobi yang sama.

6. Karakter berubah
Setelah menikah, Anda akan menyadari bahwa banyak sekali tanggung jawab rumah tangga yang perlu dilakukan dan diselesaikan. Karena itu mau tidak mau Anda harus mengubah beberapa karakter Anda agar semua berjalan dengan lancar. Misalnya saat masih lajang, Anda mungkin suka bangun siang namun saat sudah menikah aktivitas melenakan tersebut tidak mungkin dilakukan lagi karena banyak aktivitas lain yang menunggu untuk dilakukan.

7. Berinvestasi untuk masa depan
Menikah membuat Anda memiliki tujuan jangka panjang ke depan, baik itu tempat tinggal, pendidikan anak, mobil baru, dan lain sebagainya. Selalu diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan saat berniat untuk melakukan investasi. Pilihlah investasi mana yang cocok untuk Anda berdua.

(Ana Fauziyah)

Artikel Selanjutnya
Persiapkan Diri Menuju Pernikahan dengan 4 Komitmen Ini
Artikel Selanjutnya
Belum Lama Pacaran, Idealkah Pernikahan Raisa dan Hamish?