Sukses

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membawa Bayi Naik Pesawat

Liputan6.com, Jakarta Untuk para orang tua yang memiliki bayi tentu merasa sedikit was-was saat membawa buah hati mereka naik pesawat. Anak rewel dan tak nyaman selama penerbangan menjadi alasan para orang tua enggan mengajak bayi mereka. Hal tersebut bisa kok diatasi asalkan Anda memperhatikan aturan-aturan dan kebutuhan sang bayi.

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/01/2017) berikut ini hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membawa bayi ikut naik pesawat.

1. Patuhi Peraturan Maskapai Penerbangan

Beberapa maskapai penerbangan memiliki aturan penerbangan yang harus dipatuhi oleh para orang tua yang mengajak anak bayi mereka. Peraturan umum yang ada adalah batas usia bayi. Bayi yang usianya kurang dari dua minggu biasanya tidak diperbolehkan untuk ikut serta naik pesawat. Beberapa maskapai pun mewajibkan para orang tua untuk memberikan surat keterangan medis bayi mereka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Saat check in, usahakan untuk datang awal agar bisa mendapatkan tempat duduk di depan dan meletakkan bayi di bassinet seat atau tempat tidur lipat berbentuk kotak yang dapat ditempelkan di dinding depan kursi. Para orang tua yang membawa bayi pun biasanya tak diperbolehkan duduk di sebelah pintu darurat.

3. Pilih Waktu Penerbangan yang Pas

Waktu penerbangan pun harus diperhatikan oleh Anda yang berencana membawa bayi naik pesawat. Pilih jadwal penerbangan di jam tidur buah hati Anda. Hal tersebut dapat mencegah bayi rewel selama perjalanan.

4. Susui Bayi Saat Lepas Landas dan Mendarat

Perbedaan tekanan udara saat pesawat lepas landas dan mendarat seringkali membuat telinga sakit. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memberikan ASI atau susu formula ke sang buah hati.

5. Bawa Essential Kit 

Sebelum berangkat, jangan lupa untuk mempersiapkan barang-barang penting yang dibutuhkan oleh si buah hati. Jaket, kaus kaki, dan topi rajut adalah perlengkapan penting yang harus dibawa agar bayi tak merasa kedinginan saat berada di dalam pesawat. Bawa juga ear plug khusus bayi agar mereka tak rewel saat mendengar suara bising di pesawat.  Camilan dan mainan pun tak kalah penting sebab keduanya cukup ampuh membuat bayi tenang selama penerbangan.

6. Bawa Pakaian Ganti

Mengompol atau muntah adalah hal yang biasa dilakukan oleh bayi. Agar kebersihan mereka selalu terjaga, jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti dan popok di tas yang Anda bawa ke dalam kabin. Ada baiknya jika Anda pun membawa cadangan ganti sebagai persiapan jikalau baju yang Anda pakai terkena kotoran atau ompol bayi.

Liburan menyenangkan bersama buah hati bisa dilakukan kapan saja. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi.com dan dapatkan selalu info promo tiket pesawat murah setiap harinya.

 https://www.vidio.com/watch/491392-starlite-bad-mood-hilang-dengan-dengarkan-lagu-ini

Artikel Selanjutnya
4 Tips Naik Pesawat Bagi Pemula Tanpa Takut dan Grogi
Artikel Selanjutnya
Tak Mau Tiket Pesawat Hangus Saat Libur Panjang? Ini Triknya