Sukses

Setop Kebiasaan Boros Saat Liburan dengan 3 Cara Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Akhir tahun dan awal tahun baru merupakan bulan-bulan paling boros, karena banyak liburan dan perayaan hari besar yang terjadi. Tentunya kebiasaan boros akan memperparah kondisi keuangan Anda, sehingga pengeluaran tidak terkendali. Untuk itu, terpakan 3 cara ampuh ini untuk menghentikan kebiasaan boros Anda, seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Jumat (30/12/2016).

Rencanakan pengeluaran Anda
Bila Anda berencana untuk berwisata di akhir tahun, buatlah berbagai rencana keuangan yang baik. Perencanaan ini nantinya akan membantu Anda menyisihkan uang yang harus dikeluarkan atapun di persiapkan selama berlibur. Jangan lupa catat setiap rupiah yang keluar dalam satu catatan baik itu di buku ataupun di smartphone Anda.

Buat kesepakatan bersama
Buat kesepakatan bersama dengan keluarga atau sahabat bahwa liburan kali ini memiliki batasan-batasan keuangan yang harus dipatuhi agar perjalanan nyaman dan tercukupi. Dengan demikian seluruh anggota keluarga dan sahabat bekerjasama untuk menjadikan liburan tetap menyenangkan dengan pengeluaran yang sesuai dengan perencanaan.

Hindari belanja karena dorongan lain
Membeli oleh-oleh memang menjadi hal yang menyenangkan, namun tetap ingat perencanaan keuangan Anda. Jangan lepas kendali dengan berbelanja karena dorongan lain, karena bisa menghancurkan semua perencanaan yang Anda buat. Jika ingin membeli barang dengan harga ekstra, usahakan biaya tersebut masih dalam batas wajar keseluruhan rencana keuangan. Jangan sampai lepas kendali saat liburan, karena bisa membahayakan keuangan Anda.

Artikel Selanjutnya
6 Cara Mudah Atur Keuangan Bagi Pasangan Menikah
Artikel Selanjutnya
Sering Salah Saat Mengelola Uang? Coba Cara Ini