Sukses

Atasi Permasalahan Bahasa Saat Traveling dengan 6 Tips Berikut

Liputan6.com, Jakarta Traveling adalah sesuatu hal yang sangat meyenangkan terutama traveling ke negara-negara lain yang belum pernah dikunjungi. Kita akan menemukan banyak hal dan pengalaman menarik. Namun terkadang kendala bahasa bisa menjadi masalah saat kita tidak bisa berbahasa asli negara tersebut dan apalagi bila warna lokal di area tersebut tidak bisa berbahasa inggris.

Jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat melakukan perjalanan ke negara yang tidak fasih berbahasa inggris, seperti yang dilansir dari purewow.com, Kamis (29/12/2016) sebagai berikut.

Minimal pelajari bahasa percakapan umum

Anda tidak harus bisa berbahasa negara tersebut, tapi minmal Anda harus mencari tahu bahasa-bahasa umum yang biasa digunakan dalam percakapan seperti kata “tolong”, “terima kasih” atau kalimat sapaan lainya.

1 dari 3 halaman

Donwload aplikasi terjemahan bahasa

Donwload aplikasi terjemahan bahasa

Di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, Anda tidak perlu lagi membawa buku kamus kemana-mana. Cukup download aplikasi terjemahan pada gadget Anda. Sekarang juga banyak aplikasi terjemahan dari berbagai bahasa yang bisa Anda pilih, sesuai dengan bahasa negara yang Anda tuju. Pilihlah aplikasi kamus yang tetap dapat digunakan tanpa sinyal.

Gunakan bahasa non verbal

Jika Anda benar-benar tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan suatu hal, Anda bisa menggunakan bahasa non verbal seperti gerakan tangan atau gerakan menunjuk dan sebagainya. Tapi Anda juga harus perhatikan bagimamana budaya di negara tersebut, karena terkadang bahasa verbal di negara asal Anda bisa berbeda makna dengan bahasa non verbal di negara lain. Hati-hati dan pelajari dulu jangan sampai menyinggung dan membuat kesalahpahaman.

2 dari 3 halaman

Bersikap baik kepada siapapun

Bersikap baik kepada siapapun

Bersikap baik dan mnejaga kesopanan itu penting sekali. Bersikap ramah pada penduduk lokal dan ikuti aturan yang berlaku di negara tersebut

Menyewa tour guide

Cara terakhir dan paling efektif agar perjalanan traveling Anda tidak terganggu dalam kendala bahasa adalah menyewa tour guide. Anda akan dipandu dan diarahkan dengan maksimal tanpa kendala bahasa. 

Widya Rahmi