Sukses

Jangan Lupa 5 Langkah Jaga Rumah Ketika Liburan

Liputan6.com, Jakarta Akhir tahun memang waktunya menikmati liburan bersama keluarga ke tempat yang lebih jauh dari biasanya. Biasanya masyarakat memilih pergi ke luar kota atau luar negeri bersama dengan keluarganya. Tapi karena seluruh keluarga pergi, rumah kosong tidak ada yang menjaga. Oleh karena itu, jangan lupakan 5 langkah menjaga rumah ketika sedang liburan.

Simpan
Simpan seluruh barang-barang berharga di tempat yang aman dalam rumah, baik yang berbentuk surat berharga maupun dalam bentuk perhiasan. Barang-barang elektronik juga termasuk didalamnya. Pastikan mereka aman dari terjangan banjir ataupun kemalingan nantinya.

Matikan
Matikan listrik, gas, dan saluran air yang ada dalam rumah Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari konsleting listrik, kebakaran akibat gas dan kebanjiran karena saluran air yang terbuka. Jangan lupa cabut setop kontak yang ada pada alat-alat elektronik Anda.

Bersihkan
Sebelum berangkat jauh, bersihkan seluruh sampah dari dapur untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh serangga dan hewan liar. Jangan lupa pula tempatkan pakaian kotor di tempat yang aman bila tidak sempat membersihkannya. Pastikan rumah tidak berbau ketika ditinggalkan.

Kunci
Mengunci berbagai pintu menjadi pekerjaan penting bila ingin berangkat ke luar kota. Pastikan seluruh pintu memiliki kunci ataupun gembok yang mengamankan ruangan tersebut. Jangan lupa periksa kembali seluruh jendela dan kunci dengan rapat.

Lapor
Usahakan Anda melapor pada ketua RT setempat ketika ingin berpergian untuk menjaga keamanan. Titipkan pula rumah Anda pada tetangga yang tidak pergi berlibur untuk bisa mengawasi atau sekedar menjaga apabila ada kejadian yang tak diinginkan. Dengan cara ini, rumah Anda dapat diawasi dan ditinggalkan dengan aman.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 4 Tips Tak Tertinggal Pesawat Saat Mudik
Artikel Selanjutnya
Tips Praktis Perawatan Kulit Saat Perjalanan Mudik