Sukses

Pertama Kali Jadi Backpacker? Terapkan Tips Berguna Ini

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan backpacker mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, namun ketika baru pertama kali mencoba, pasti ada beberapa persiapan ekstra yang harus diketahui agar perjalanan tetap aman dan selamat. Untuk itu, terapkan beberapa tips untuk backpacker, seperti yang dirilis dari lifehack.org, Rabu (28/12/2016).

1. Rencanakan dengan baik
Pastikan Anda mengetahui dengan baik bagaimana kondisi daerah yang akan didatangi, mulai dari peta, cuaca, keadaan alam hingga tempat-tempat yang harus dihindari. Ketahui juga nomor darurat yang bisa dihubungi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Bila lokasinya benar-benar terpencil, perkirakan juga tempat menginap yang akan Anda datangi sehingga perjalanan bisa aman dan selamat.

2. Pilihlah perjalanan yang singkat
Bagi pemula, lebih baik melakukan perjalanan pendek seperti hiking ke satu tempat yang bisa diselesaikan dalam sehari. Jenis perjalanan ini lebih mudah direncanakan dan sesuai dengan kemampuan Anda karena backpacker tidak semudah yang diperkirakan.

3. Pilih makanan yang mudah dibawa
Makanan yang dibawa saat sedang menjadi backpacker haruslah yang sederhana, seperti biskuit, makanan kering dan beberapa minuman energi yang mampu membuat tubuh Anda tetap stabil. Jangan lupa persiapkan air minum dalam jumlah yang cukup sehingga tubuh Anda tidak terkena dehidrasi berat saat perjalanan.

4. Bawa barang-barang sesuai dengan gunanya
Membawa barang yang berlebihan bisa membuat perjalanan backpacker Anda tidak menyenangkan, untuk itu ketahui dahulu kegunaannya dalam perjalanan. Biasakan membawa perbekalan yang cukup seperti senter, korek api, pakaian yang cukup, tenda dan sleeping bag, serta alat masak khusus untuk perjalanan. Jangan lupa juga membawa kotak P3K untuk berjaga-jaga bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Artikel Selanjutnya
Tips Liburan Aman dari Agen Travel yang Bisa Anda Terapkan
Artikel Selanjutnya
Jangan Lakukan 7 Hal Ini Ketika Perjalanan Dinas ke Luar Negeri