Sukses

Ada Tanda Putih pada Kuku? Ini Dia Penyebabnya

Banyak mitos yang menyimpulkan akibat munculnya tanda putih pada kuku, tapi fakta menyatakan hal yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang mengatakan bahwa munculnya titik putih pada kuku merupakan akibat dari kurangnya kandungan kalsium pada tubuh. Tapi hal tersebut bukanlah jawaban tepat dari pertanyaan Anda. Seperti yang dilansir dari sheknows.com, Kamis (26/12/2016) menyatakan bahwa hal tersebut hanyalah sebuah mitos belaka. Lalu apakah yang menjadi penyebab sebenarnya?

Ternyata hal ini umum terjadi pada kuku dan penyebabnya diakibatkan oleh trauma yang dialami kuku. Trauma ini terjadi pada bagian permukaan kuku dan mengakibatkan munculnya tanda putih pada lapisan bawah kuku Anda.

Tanda putih menyerupai titik yang muncul pada kuku dan bersifat sementara. Namun seiring dengan pertumbuhan kuku, maka tanda ini berangsur akan hilang. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, jika titik yang muncul bukan berwarna putih, melainkan berwarna gelap. 

Ilustrasi Kuku

Apabila sebelumnya kuku mengalami trauma seperti terjepit atau terbentur sehingga mengakibatkan trauma yang berwarna kebiruan pada kuku Anda, hal ini wajar-wajar saja. Tapi jika tanda tersebut muncul namun kuku tidak mengalami trauma sebelumnya, maka bisa jadi hal tersebut mengindikasi pada kanker kulit, oleh sebab itu, bergegaslah untuk memeriksakannya ke dokter untuk segera mendapat kejelasan dan penanganan tepat. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.