Sukses

Moranbong, Girlband Cantik dan Bertalenta dari Korea Utara

Liputan6.com, Jakarta Bila Korea Selatan bisa terkenal ke seluruh dunia berkat girlband dan boyband yang membawa gelombang hallyu, atau biasa disebut dengan gelombang korea, maka Korea Utara tidak mau ketinggalan. Bahkan negara yang dikenal sangat tertutup ini, juga memiliki hallyunya sendiri dengan girlband yang dibentuk negara. Nama girlband ini adalah Moranbong.

Dikenal juga sebagai Moranbong Akdan, atau Moran Hill Orchestra, Moranbong merupakan grup musik yang semua posisinya diisi oleh wanita. Dibuat pada tahun 2012, anggota band ini dipilih oleh pemimpin korea saat itu, Kim Jong Un. Lagu yang dibawakan juga cukup beragam, mulai dari pop, rock, dan gabungan antara orchestra dan lagu populer dunia.

Moranbong pertamakalinya tampil pada 6 Juli 2016 di Pyongyang, Korea Utara dan membawakan berbagai lagu propaganda yang membangkitkan semangat masyarakat. Lagu-lagu populer mereka adalah “Ayo Belajar” yang berisi ajakan untuk belajar agar negara lebih maju dan “Negaraku Paling Hebat” serta “Satu Keluarga Besar”, untuk menambah rasa kecintaan pada negara mereka.

Huffingtonpost

Pada awal penampilannya Moranbong keluar dengan tampilan yang cukup berbeda dibanding dengan masyarakat kebanyakan. Mereka memakai dress yang berkilauan dan perhiasan di leher dan pergelangan tangan mereka. Namun karena dinilai terlalu mewah dan tidak menunjukkan kebersamaan, pakaian tersebut diganti menjadi seragam tentarra dengan rok pendek dan topi militer. Selain tampak lebih rapi, tampilan mereka juga lebih bersahaja dengan berbagai pangkat pada pakaian mereka.

Tak hanya cantik dan menarik, Moranbong juga memiliki kemampuan musik yang luar biasa. Bahkan mereka sering disebut mesin musik karena keterampilan mereka membawakan lagu dengan sangat tepat. Hal ini karena pendidikan musik di Korea Utara sangat baik dan presisi, sehingga mereka mampu membaca not balok dan memainkan berbagai alat musik pada usia muda.

Dengan berbagai keahlian ini, tentu saja Pemerintah Korea Utara selalu mengundang Moranbong dalam kegiatan kenegaraan untuk memberikan hiburan untuk rakyatnya. Penampilan mereka juga disiarkan melalui televisi pemerintah Korea Utara, yaitu Korea Central Television atau KCTV di setiap agenda penting pemerintah.