Sukses

8 Manfaat Baik dari Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Penasaran manfaat pare bagi tubuh? Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang sangat tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun, ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari magforwomen.com, Rabu (28/12/2016) dengan berbagai cara mulai dari jus atau dimasak sebagai sayuran, pare dapat dinikmati manfaatnya.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pare dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda dengan sangat baik. Anda bisa merebus pare di dalam air, dan kemudian mengonsumsi air rebusannya setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Pare sangat kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

2. Menyembuhkan gangguan pernafasan

Untuk gangguan pernafasan seperti pilek, batuk dan asma, jus pare mentah bisa Anda coba. Biasakan untuk mengonsumsi jus pare pahit segar setiap pagi sebelum sarapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meredakan jerawat

3. Meredakan jerawat

Pare pahit sangat baik untuk detoksifikasi darah. Hal ini juga dapat meredakan jerawat dan membersihkan tubuh dari dalam.

4. Membantu dalam pengobatan diabetes tipe-2

Pare pahit mengandung phytonutrient, dan polipeptida-P, yang merupakan insulin tanaman untuk mengatur kadar gula darah. Pare juga dapat menyusun agen hipoglikemik yang disebut charantin. Hal ini dapat meningkatkan sintesis glikogen dalam tubuh. Kedua hal ini bersama-sama membantu dalam pengobatan diabetes tipe-2 menormalkan kadar gula dalam darah.

5. Membantu proses penurunan berat badan

Pare kaya akan antioksidan, dan sangat berguna dalam proses pembersihan racun dan membantu menurunkan berat badan berlebih.

3 dari 3 halaman

Meningkatkan daya penglihatan

6. Meningkatkan daya penglihatan

 Pare mengandung beta-karoten, yang sangat berguna mengobati infeksi mata, serta meningkatkan daya penglihatan.

7. Mengurangi sembelit

Bagi Anda yang bermasalah dalam buang air besar, serat yang terkandung di dalam pare dapat membantu dalam proses pencernaan makanan, mengatasi masalah sembelit.

8. Mencegah penyakit jantung

Pare dapat membantu mengurangi kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, yang sering dapat memblokir dinding arteri dan menyebabkan masalah jantung. 

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.