Sukses

Hadapi Permasalahan Ganda pada Kulit Wajah dengan Solusi Berikut

Simak beberapa solusi permasalahan ganda pada kulit wajah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang terjadi jika kulit wajah Anda kering namun pori-porinya terlihat besar? Jangan khawatir, permasalahan ganda pada kulit seperti ini dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti yang dilansir dari stylecaster.com, Senin (2/1/2016)

Biasanya, kulit wajah yang kering permukaannya terlihat halus tanpa terlihat adanya pori-pori. Namun, ternyata beberapa orang memiliki masalah ganda di kulit yaitu kulit kering dan pori-pori besar. Masalah ganda ini memang merepotkan karena jika Anda berusaha meminimalisir pori-pori maka kulit akan semakin kering dan bahkan mungkin akan mengelupas. 

Untuk mengatasi masalah yang membingungkan ini, dr. Elizabeth Tanzi, Founder & Director dari Capital Laser & Skin Care dan Assistant Clinical Professor, Department of Dermatology at George Washington University Medical Center mengatakan bahwa masalah ini ternyata bisa diatasi dengan menggunakan produk yang mengandung dua bahan yaitu glycolic acid (asam glikolat) dan hyaluronic acid (asam hyaluronat).

"Glycolic acid sangat baik untuk eksfoliasi, zat ini dapat merontokkan sel-sel kulit mati, sedang hyaluronic acid bermanfaat untuk melembapkan kulit tanpa membuatnya berminyak" jelas dr. Elizabeth Tanzi.

Ia menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung glycolic acid sehari dua kali. "Pilih pembersih wajah yang lembut sehingga kulit tidak jadi terlalu kering" sarannya. Sesudahnya gunakan plembap yang mengandung hyaluronic acid.

Alternatif dari pembersih dengan glycolic acid adalah pembersih dengan kandungan salicylic acid (asam salisilat) yang fungsinya sama dengan glycolic acid. Menurutnya, cara tercepat untuk memperkecil tampilan pori-pori adalah membuang sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga pori-pori kulit terbebas dari tumpukan kotoan dan permukaan kulitpun jadi lebih halus dan mulus.

Setelah mengaplikasikan pembersih dengan glycolic acid ataupun salicylic acid dan melembapkannya dengan pelembap hyaluronic acid, gunakan riasan wajah yang tepat agar pori-pori kulit terlihat makin samar.

Penata rias wajah Asleigh Ciucci menyarankan untuk menggunakan foundation ringan dalam bentuk krim, karena foundation krim ini tak cepat hilang diserap kulit wajah seperti foundation cair dan juga tampilannya ringan, tak berat seperti foundation padat seperti two-way cake. Manfaat lainnya adalah foundation krim memberi kelembapan tambahan di kulit. Akhiri dengan membubuhkan bedak padat yang ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.