Sukses

6 Kesalahan yang Masih Anda Lakukan Saat Memasak Ikan

Siapa bilang memasak ikan itu mudah? Jika sampai sekarang Anda masih melakukan kesalahan, simak di sini beberapa tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda selalu berusaha membeli ikan segar di pasar, memasaknya, dan tetap tidak dapat menikmati rasa masakan Anda sendiri, ada yang salah di sini. Mengapa selalu berbeda rasanya ketika makan ikan di restoran dengan ikan yang dimasak sendiri?

Dilansir dari purewow.com, Jumat (23/12/2016), berikut ini adalah beberapa kesalahan memasak ikan yang mungkin masih Anda lakukan sampai saat ini. Penasaran?

1. Anda memasaknya langsung setelah dikeluarkan dari kulkas
Memasak ikan dalam keadaan dingin atau beku dapat membuat masakan tidak rata. Untuk membuat ikan kering di luar dan matang merata di bagian dalam, diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan selama 15 menit sebelum memasaknya.

2. Anda merebus seluruh lobster
Merebus seluruh lobster dalam air mendidih hanya akan menghabiskan banyak waktu pada bagian ekor saja. Lepaskan cakar dan rebus dalam sebuah panci berisi sedikit air dalam waktu 8 sampai 9 menit, kemudian lepaskan ekornya, dan rebus kembali. Cara ini akan menghemat waktu Anda merebus lobster.

3. Anda tidak memeriksa tulangnya
Bahkan ketika Anda membeli ikan dengan tanda tanpa duri dan tulang di supermarket, sangat mungkin masih ada beberapa tulang di dalamnya. Gunakan jari Anda untuk memeriksanya dan ketika menemukan tulang atau duri, ambil menggunakan pinset.

4. Anda meletakkan ikan sebelum wajan panas
Memasak ikan pada wajan yang belum panas hanya akan membuatnya matang tidak merata. Ketika panci panas, masak ikan selama 3 sampai 5 menit, balik, dan diamkan dalam jangka waktu yang sama. Setelah itu, Anda bisa memasaknya dengan cara apapun yang Anda inginkan.

5. Memasak ikan basah
Untuk menjaga ikan tidak lembek, selalu tepuk hingga kering ikan yang ingin dimasak menggunakan kertas masak, sebelum memasaknya. Cara ini juga berlaku bagi kerang. Jangan membeli kerang yang dikemas dalam cairan, pilihlah yang kering, dan tepuk menggunakan kertas masak untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Anda menggunakan alat masak yang kotor
Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk tidak memasak ikan di penggorengan atau alat apapun yang kotor, karena hasilnya akan berantakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.