Sukses

Tips Packing di Tas Kabin untuk Budget Traveler

Berikut ini tips packing di tas kabin untuk para budget traveler

Liputan6.com, Jakarta Bagi seorang budget traveler, membawa tas kabin adalah hal yang harus dilakukan untuk menghemat pengeluaran saat traveling. Dengan begitu, mereka tak perlu lagi membayar biaya tambahan untuk membeli bagasi.  Selain biaya, Anda pun bisa menghemat waktu karena tak perlu menunggu barang bawaan di conveyor belt. Resiko hilang atau rusak saat transit pun tak akan terjadi pada tas kabin karena selalu berada di sisi Anda saat penerbangan.

Ukuran tas kabin yang bisa masuk ke dalam pesawat adalah 56cm x 45cm x 25cm dengan berat 7kg. Dengan ukuran seperti itu, dibutuhkan trik khusus agar seluruh kebutuhan traveling Anda bisa masuk ke dalam satu tas kabin. Berikut ini tips packing di tas kabin untuk para budget traveler seperti yang dirangkum dari berbagi sumber, Jumat (23/12/2016).

1. Buat Daftar Bawaan

Hampir semua traveler membawa barang yang sebetulnya tak terlalu dibutuhkan saat traveling. Contohnya, sepatu dan jaket cadangan, hairdryer, atau hair straigthener. Barang-barang tersebut tak akan dipakai setiap hari, bukan? Oleh karena itu, buat daftar bawaan barang yang benar-benar dipakai saja agar muat dalam tas kabin Anda. Paspor, dompet, pakaian, dan obat-obatan harus masuk menjadi daftar utama barang bawaan Anda. Pastikan dompet terisi lengkap kartu identitas, kartu ATM, kartu asuransi, tiket pesawat, dan daftar nomor telepon kerabat yang bisa dihubungi. Untuk pakaian, bawalah kaus, jeans, jaket, atau sepatu berwarna netral agar dengan mudah Anda padupadankan. Jika ingin membawa aksesori, pilihlah kacamata hitam, scarf, kalung, atau gelang agar muat di tas kabin Anda.

2. Penataan yang Tepat

Penataan yang tepat bisa membantu Anda membawa barang bawaan lebih banyak namun muat di tas kabin. Jangan lupa untuk menerapkan cara lipat dan gulung. Posisi penyimpanan barang pun harus diperhatikan oleh Anda. Barang yang tebal seperti handuk dan celana jeans ditata dengan cara melipatnya dan meletakkannya di dasar tas kabin. Di atasnya, Anda bisa meletakkan baju dan pakaian dalam yang sudah digulung. Menggulung serapat mungkin membuat Anda bisa membawa pakaian lebih banyak. Kemudian masukkan toiletries yang telah disimpan di tas kecil. Anda bisa menggunakan travel bottle set untuk menyimpan toiletries. Sebab, aturan regulasi bandara hanya memperbolehkan penumpang membawa benda cair atau gel berukuran 100ml. Sandal berbahan ringan atau aksesori lainnya bisa diletakkan di celah-celah tas bagian kanan atau kiri. Untuk sepatu dan jaket, Anda bisa menggunakannnya saat penerbangan sehingga tak perlu memakan tempat di tas kabin.

Jadikan Reservasi.com sahabat liburan Anda. Unduh aplikasinya serta dapatkan informasi harga tiket pesawat dan hotel terbaru dan terlengkap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.