Sukses

Ini Aktivitas Seru yang Harus Anda Lakukan Saat di Lombok

Anda yang tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di Lombok, jangan lupa untuk melakukan aktivitas-aktivitas seru berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Pulau Lombok termasuk dalam sepuluh besar destinasi liburan favorit yang ada di Indonesia. Sama seperti Bali, Lombok memiliki banyak objek wisata dengan keindahan pemandangan yang sudah diakui mancanegara. Tak hanya itu, kehidupan suku asli pulau ini pun menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Lombok.

Anda yang tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di Lombok, jangan lupa untuk melakukan aktivitas-aktivitas seru berikut ini seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2016).

1. Snorkeling di Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah destinasi wisata paling populer di Lombok. Pulau ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi diving ataupun snorkeling. Dengan pantai berpasir putih serta air laut yang bersih dan jernih membuat Anda dapat dengan mudah melihat biota laut yang ada di sana seperti terumbu karang serta ikan laut yang lucu dan menggemaskan. Jika beruntung, Anda juga dapat melihat penyu laut yang cukup langka. Saat berada di Gili Trawangan, jangan lupa untuk mampir ke Gili Meno dan Gili Air karena keduanya mempunyai pesona pantai yang tak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan.

2. Mendaki Gunung Rinjani

Menaklukan gunung tertinggi kedua di Indonesia tentu akan jadi hal yang tak akan terlupakan untuk Anda. Gunung Rinjani menjadi salah satu ikon wisata yang dimiliki oleh Lombok. Selain itu, gunung ini pun disebut memiliki pemandangan terindah di Asia. Jika berencanan untuk mendaki gunung ini, jangan lupa lakukan berbagai persiapan mulai dari olahraga fisik hingga perbekalan. Sebab, dibutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa mencapai puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter ini. 

3. Menyantap Lezatnya Kuliner Plecing Kangkung dan Ayam Taliwang

Belum ke Lombok jika tak mencicipi menu khas plecing kangkung dan ayam taliwang. Dua menu yang selalu jadi satu kesatuan. Ayam taliwang yang dibakar disajikan dengan sambal khas yang menggugah selera. Tak lupa plecing kangkung segar dan bercita rasa sedikit pedas. Anda yang tertarik untuk menikmati kelezatan makanan khas Lombok ini bisa mampir ke Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang berada di Kawasan Cakranegara.

4. Mengunjungi Perkampungan Sasak Sade

Selain berburu kuliner dan menikmati pesona alam di Lombok, tak ada salahnya untuk mengunjungi perkampungan suku asli Lombok di Desa Sade. Desa ini merupakan tempat tinggal dari Suku Sasak yang masih memegang teguh adat istiadat yang dipercaya. Keunikan lainnya terletak di tempat tinggal para penduduk desa. Masyarakat Desa Sade menyebut tempat tinggal mereka dengan nama Bale Tani. Bale Tani memiliki dinding yang terbuat dari anyaman bambu, atap dari daun kering, dan lantai yang dilapisi dengan kotoran kerbau.

5. Belajar Menenun di Desa Sukarara

Desa Sukarara adalah desa penghasil tenun terbesar di Lombok. Mayoritas penduduknya menghabiskan waktu untuk menenun kain dengan cara tradisional. Mayoritas penenun yang ada di desa ini adalah perempuan. Sebab, ada mitos yang menyebutkan jika seorang laki-laki akan mandul jika ia menenun. Selain melihat proses pembuatannya, Anda juga bisa mencoba untuk menenun dengan menggunakan alat tradisional yang tersedia. Tenang, para penenun handal di Desa Sukarara akan membimbing Anda dengan sabar saat menenun. Selesai belajar, Anda bisa membeli souvenir khas dan kain tenun indah khas Lombok yang ada di desa tersebut.

6. Menikmati Sunset di Pantai Senggigi

Pantai Senggigi menjadi destinasi paling ramai dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Pantai yang jernih dan ombak yang tenang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke sana. Hal seru yang harus dilakukan saat ke Pantai Senggigi adalah menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Suasana romantis sangat terasa saat berada di tempat ini. Tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi oleh para pelancong yang sedang berbulan madu.

Sebelum berlibur ke Lombok, jangan lupa cek Reservasi.com untuk tahu informasi terbaru seputar harga tiket pesawat dan hotel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.