Sukses

Setop Berbagi 9 Hal Ini dengan Orang Lain untuk Cegah Penyakit

Ternyata, untuk mencegah timbulnya jerawat dan penyakit lain, Anda harus menjaga beberapa barang ini untuk diri sendiri, penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sering mendegar istilah "sharing is caring," yang artinya meminta Anda untuk lebih sering berbagi dengan orang lain. Faktanya, ada banyak hal yang sebenarnya lebih baik untuk disimpan sendiri, terutama jika menyangkut produk kecantikan.

Dilansir dari bustle.com, Kamis (29/12/2016), beberapa ahli kecantikan mengungkapkan apa saja barang yang sebaiknya Anda simpan dan pakai sendiri, agar tidak menularkan virus, kuman, bakteri, jerawat, dan jamur ke atau dari orang lain. Penasaran? Simak di sini.

1. Makeup dan sikat makeup
Intinya, apapun benda yang berhubungan langsung dengan wajah Anda, seperti produk makeup seharusnya dipakai sendiri untuk mencegah penyebaran bakteri. Beberapa produk yang harus Anda jaga adalah lipstik, lipgloss, dan maskara.

2. Pisau cukur
Pisau cukur juga memungkinkan perpindahan bakteri, menularkan infeksi jamur, seperti kurap dan penyakit lain. Apalagi jika kulit robek ketika Anda bercukur.

3. Produk yang harus diambil langsung menggunakan tangan
Produk-produk ini mengharuskan Anda menggunakan jari, di mana banyak bakteri bersarang di sana. Jika memang harus berbagi, sebisa mungkin setiap orang menggunakan alat masing-masing.

4. Alat perawatan kulit
Ya, alat tersebut juga sangat mungkin telah terkena bakteri, seperti pinset atau kuas.

5. Sarung bantal
Produk perawatan rambut, kulit mati, dan bakteri semua berkumpul di sarung bantal Anda. Jika Anda harus berbagi bantal dengan orang lain, pastikan Anda telah mengganti sarungnya terlebih dahulu.

6. Alat perawatan kuku
Gunting kuku adalah salah satu alat yang dapat dengan mudah mengirimkan jamur. Jika Anda tidak sengaja melukai kuku sampai mengeluarkan darah, infeksi bisa terjadi melalui darah.

7. Earbud
Kelembapan earbud dapat menjebak dan membuat area tersebut menjadi lingkungan yang sempurna bagi tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, hindari untuk berbagi headphone dan earbud dengan orang lain.

8. Sikat gigi
Tindakan menyikat saja dapat membuat bakteri menyebar ke seluruh bagian dalam mulut Anda, ditambah jika Anda menggunakan sikat gigi orang lain. Hal ini dapat meningkatkan risiko penularan penyakit yang tidak dapat Anda bayangkan.

9. Handuk
Ternyata handuk mandi juga merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman, terutama jika Anda sering meninggalkannya dalam keadaan basah di kamar mandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini