Sukses

Meriahnya Suasana Natal di Dubai, Kota Paling Mewah di Dunia

Berbeda dengan kebanyakan negara Arab, suasana menjelang Natal dan Tahun Baru di Dubai begitu semarak dan berkesan.

Liputan6.com, Dubai Dubai merupakan satu di antara kota terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) yang mayoritas berpenduduk Muslim. Namun, persiapan menyambut Hari Raya Natal di kota ini sangat meriah.

Berbeda di negara Islam seperti Arab Saudi, yang pemerintahnya melarang umat Kristiani merayakan Natal di tempat umum, di UEA umat Kristiani dapat merayakan Natal bersama dengan keluaga dan teman-teman.

"Di sini bebas merayakan Natal," ujar Marsya, warga Dubai yang bekerja sebagai pemandu wisata saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (20/11/2016).

Kemeriahan menyambut Hari Raya Natal juga terlihat di tempat-tempat umum seperti toko, mal, restoran, tempat permainan anak, hingga hotel. Di Dubai bahkan ada festival yang digelar untuk menyambut Natal bernama Festival Natal Dubai. Pada 2010, hotel di Abu Dhabi pernah memajang pohon Natal termahal di dunia seharga 11 juta dolar AS. Pohon Natal ini berhiaskan emas, batu delima, berlian, dan batu-batu berharga lainnya.

"Itu terbesar di dunia," ujar Marsya, pria asal Arab itu.

Seperti di Rove Hotel, Al Sa'ada St 312, Dubai, perayaan Natal terlihat. Empat pohon Natal setinggi sekitar 70 sentimeter yang berwarna warni itu menghiasi meja resepsionis.

Ada juga boneka salju yang mengenakan topi Santa. Boneka salju tersebut disandingkan dengan Mini Cooper warna hijau dengan atap terbuka. Di jok belakangnya mengangkut pohon Natal setinggi sekitar satu meter.

Hotel Atlantis Dubai, yang terkenal dengan kamar di bawah air itu juga bertemakan Natal. Sejumlah ruangan dihiasi pohon Natal dan dekorasi bertema Natal, seperti di ruang resepsionis. Pohon Natal setinggi tiga meter dihiasi berbagai bola-bola liontin berwarna-warni, dan dilengkapi berbagai kado Natal di bawahnya.

Di ruangan lainnya, juga dihiasi pohon Natal dan Sinterklas serta berbagai kado Natal. Bahkan, terdapat rumah salju berukuran sekitar 7x5 meter berdiri megah di belakang Sinterklas dan Pohon Natal setinggi sekitar dua meter. Tak hanya itu, di setiap atap hotel bintang lima itu juga dihiasi juntaian rangkaian bunga Natal.

Menjelang Natal, banyak mal dan hotel di Dubai berhiaskan pohon Natal dengan dekorasi yang menawan. Foto: Rochmanuddin/ Liputan6.com.

Sementara itu, di Dubai Mall, perusahaan ternama asal Italia pembuat cokelat Ferraro Boutique membuat pohon Natal dari ratusan bola-bola berwarna keemasan seperti berbentuk cokelat. Bahkan, tinggi pohon Natal itu menjulang hingga lantai dua mal terbesar di dunia itu.

Di bawah pohon Natal tersebut terdapat toko yang menjual cokelat. Toko ini tidak pernah sepi dari pembeli, meski dijual dengan harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per kemasan.

Tak hanya di Ferraro Boutique, hampir di setiap sudut Dubai Mall terlihat pohon Natal dengan berbagai tema. Toko-toko di mal tersebut juga umumnya mendekor dengan tema Natal.

Sapari di Bice, restoran yang menyediakan masakan Italia yang berada di Citywalk Dubai, pohon Natal setinggi sekitar tiga meter menghiasi setiap meja makan. Pohon Natal ini dihiasi bola-bola liontin dan lampu berwarna perak. Di beberapa sudut juga terlihat dekorasi bertema Natal.

Di Citywalk Dubai, pohon Natal terbuat dari susunan kado Natal berwarna merah dengan berbagai ukuran. Kado-kado yang dihiasi bola-bola liontin tersebut tersusun rapi hingga menjulang ke atas setinggi sekitar tiga meter.

Di Citywalk juga nuansa Natal sangat terasa di toko penjual cokelat. Hiasan rumah-rumah dan boneka salju melengkapi nuansa Natal di toko penjual cokelat termahal di dunia itu.

Merayakan Natal dan Tahun Baru di Dubai menjadi pengalaman berkesan yang tak bisa dilupakan seumur hidup. Foto: Rocjmanuddin/ Liputan6.com

Perayaan Natal yang tak kalah meriah terlihat di IMG World of Adventure. Di taman bermain indoor terbesar di dunia yang belum dibuka secara resmi ini, semua bertema Natal. Hampir setiap zona kelompok bermain terlihat ornamen bertema Natal.

Bahkan, ada pohon Natal berukuran raksasa setinggi sekitar 10 meter dengan diameter sekitar tujuh meter. Pohon Natal ini berada di pintu masuk wahana bermain itu, yang dikelilingi pagar kayu putih dengan taburan salju buatan di bawahnya. Pohon Natal ini dihiasi liontin dengan berbagai ukuran dan lampu warna-warni.

Tak hanya itu, tema Natal juga terlihat di bagian dalam wahana tersebut. Arena seluas sekitar 50 meter persegi itu disulap menjadi taman bermain yang dilengkapi Sinterklas dan berbagai kado. Bangku taman dan pagar kayu berwana putih, serta hamparan salju buatan semakin terasa nuansa Natal di tempat ini.

Tak heran jika dua lokasi tersebut banyak diburu dan dimanfaatkan para pengunjung IMG, untuk mengabadikan momen langka ini bersama keluarga dan teman tercinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.