Sukses

Sedapnya Coto Andalan Makasar

Untuk Anda yang akan berkunjung ke Makasar, jangan lupa untuk mengunjungi restoran Aroma Coto Gagak.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke Makassar tak lengkap rasanya bila tidak mencicipi hidangan lokal yang tersohor, coto Makassar. Salah satu tempat yang Good Indonesian Food kunjungi adalah Aroma Coto Gagak. Menilik sekilas dari namanya, mungkin Anda akan berpikir bahwa bahan dasar yang digunakan untuk membuat coto adalah daging burung gagak. Namun ternyata, nama gagak disematkan karena tempat ini berlokasi di Jalan Gagak.

Jam operasinya yang 24 jam membuat Aroma Coto Gagak menjadi pilihan para pekerja yang pulang larut malam, dan juga menjadi tempat yang pas untuk Anda yang lapar di malam hari. Menurut cerita seorang pegawai, selain untuk sarapan dan makan siang, kedai ini hampir selalu penuh pada malam hari.

Tempat makan ini menjadi kedai coto Makasar pertama yang direkomendasikan sopir lokal yang menemani petualangan saya di Makassar. Ketenarannya seakan diabsahkan dari cerita bahwa orang nomor satu negeri ini, Presiden Joko Widodo, menyempatkan diri untuk mencicipi coto di kedai ini saat melakukan kunjungan ke Makassar.

Good Indonesian Food bertandang ke tempat ini sekitar jam dua siang waktu setempat. Waktu makan siang sudah lewat dan tidak terlihat kerumunan pengunjung. Good Indonesian Food memesan campuran daging sapi dan paru untuk isian coto. Anda bisa juga memesan jantung dan hati sapi sebagai isian coto. 

Penampakan kuah coto didominasi warna cokelat tua, sedikit berbeda dari coto makassar yang pada umumnya. Saat menyantap kuahnya, terasa mendeteksi sedikit rasa manis. Rasa ini cukup unik namun, mungkin komposisi rasa inilah yang membuat kedai ini begitu digilai penggemar setianya.

Di setiap meja disediakan garam dan sambal tauco untuk ditambahkan ke dalam coto sesuai keinginan. Sambal tauco yang disajikan memiliki tekstur agak kering, memberikan sensasi pedas nikmat yang meningkatkan selera makan. Sayangnya, rasa tauconya terlalu kuat yang justru membuat rasa cotonya “kalah bersaing”.

Untungnya, pengolahan daging sapi dan paru dilakukan dengan sempurna, menghasilkan tekstur dan rasa nikmat pada coto Makasar yang satu ini.

Cari tahu lebih banyak soal restoran-restoran Indonesia menarik lainnya di Good Indonesian Food (hyperlink: https://goodindonesianfood.com/).

Jl. Gagak No.27
Makassar
Telp: (0411) 870 800
Buka 24 jam setiap hari
Rp20.000/US$1,50 per porsi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.