Sukses

10 Tips Aman Belanja Online Jelang Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta Belanja Online menjadi hal yang makin digemari, terbukti dari bermunculannya e-commerce dengan konsep yang variatif dan kreatif. Kehadiran e-commerce memudahkan transaksi dan pembeli yang berasal dari luar pulau Jawa. Penyebaran yang merata sehingga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Belanja adalah salah satu aktivitas yang bisa dibilang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Apalagi belanja online sangat praktis dan efisien. Tidak mengenal tutup toko, ataupun antre mencari parkiran.

Lani Rahayu, Senior Marcom Manager Blibli.com berbagi tips bagi para konsumen yang menggemari belanja online. Berikut 10 tips belanja online dengan cerdas dan aman seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (21/12/2016).

Belanja Online (jwt.com)

1. Selalu gunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak, gunakan kombinasi-kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter.
2. Hindari kata sandi berisikan data personal seperti tanggal, bulan dan tahun lahir, nama panggilan, alamat rumah dan sejenisnya.
3. Ubah kata sandi secara berkala.
4. Gunakan kata sandi yang berbeda antara kebutuhan social media versus yang digunakan untuk transaksi.
5. Berbelanja di situs-situs yang sudah jelas, ternama dengan informasi customer care yang mudah dijangkau.
6. Perhatikan URL dari situs belanja online dari mulai masuk hingga transaksi pembayaran. Pilih yang menggunakan HTTPS* dengan indikasi, barnya berwarna hijau. (*catatan: HTTPS merupakan sebuah protokol yang mengenkripsi data Anda sehingga semua aktivitas di website tidak bisa dibaca oleh orang lain.)
7. Jangan berbagi data pribadi dan finansial Anda pada siapapun.
8. Manfaatkan penawaran yang diberikan sebaik mungkin. Dari mulai cashback 100%, flash deals, metode cicilan dari kartu kredit bank-bank terkemuka, hingga pengiriman gratis yang bisa dinikmati.
9. Membaca secara teliti persyaratan yang berlaku pada setiap penawaran, jangan terkecoh judul promonya saja.
10. Membaca dengan teliti ringkasan transaksi yang dilakukan sebelum menyelesaikannya.

Selamat belanja online di akhir tahun, tetap belanja cerdas dan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.