Sukses

Kembalinya Pahlawan Perempuan Satu-satunya dalam Uang Rupiah Baru

Setelah absen lama dari peredaran, pahlawan wanita kembali mendapat tempat dalam uang rupiah baru emisi 2016

Liputan6.com, Jakarta "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya" menjadi salah satu kutipan yang dicetuskan Presiden Soekarno. Begitu juga dengan pemuatan gambar pahlawan dalam uang rupiah baru emisi 2016 yang bertujuan kembali mengenalkan pahlawan nasional pada masyarakat.

Dalam uang rupiah baru terpampang 12 gambar pahlawan nasional dari 11 uang baru yang diluncurkan Senin (19/12/2016). Yang menarik, ada satu sosok pahlawan perempuan yang terpampang di uang baru pecahan Rp 1.000. Adalah pahlawan nasional asal Aceh, Tjut Meutiah dengan warna dasar gradasi hijau.

Dalam biografi yang diambil dari berbagai sumber, digambarkan Tjut Meutiah memiliki paras cantik dan mengenakan pakaian adat yang indah. Yaitu baju berkerah tinggi dan celana sutra warna hitam serta rambut yang dicepol.

Tjut Meutiah menjadi pahlawan perempuan ketiga dalam sejarah uang rupiah Indonesia. Sebelumnya pahlawan perempuan dari Aceh Tjut Nyak Dhien juga hadir dalam uang kertas Rp 10.000 pada tahun 1998.

Lebih lawas lagi ada sosok perempuan yang keberadaannya dirayakan tiap bulan April sebagai Hari Kartini, R.A Kartini pada tahun 1985. Dalam uang rupiah dengan warna dominan violet R.A Kartini terpampang di depan Candi Prambanan. 

Kira-kira siapa lagi pahlawan wanita yang akan muncul di gambar uang baru nanti? Kita tunggu saja...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.