Sukses

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Jerawat memang menyebalkan. Yuk, coba hilangkan dengan beberapa cara berikut!

Liputan6.com, Jakarta Jerawat memang sangat menyebalkan. Apalagi jika dia timbul pada wajah Anda. Sungguh sangat mengganggu penampilan, bukan? Untungnya, jerawat di bagian wajah lebih mudah dihilangkan dibanding dengan jerawat yang ada di punggung. Oleh karena itu, jerawat yang ada di punggung perlu ekstra perawatan untuk menghilangkannya.

Bila Anda memiliki masalah jerawat punggung dan susah hilang, coba lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya. Seperti yang dikutip dari situs cosmopolitan.com, Kamis (22/12/2016) berikut ini.

• Cari tahu penyebab timbulnya jerawat punggung
Pada dasarnya jika Anda memiliki permasalahan jerawat pada wajah, tak menutup kemungkinan kalau jerawat juga bisa timbul pada punggung Anda. Menurut Dr. Dendy Engelman, seorang dermatologist di New York, Amerika Serikat salah satu penyebab timbulnya jerawat punggung jika Anda jarang membersihkan rambut atau membiarkan rambut tergerai sehabis berolahraga. Sehingga kotoran atau minyak berlebih pada rambut bisa menempel di punggung Anda. Namun, jangan khawatir karena produk anti jerawat untuk wajah bisa juga digunakan untuk punggung.

• Gunakan produk perawatan anti jerawat
Pastikan bagian punggung Anda selalu bersih dengan menggunakan produk perawatan anti jerawat. Pertama, gunakan produk yang mengandung salicylic untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Lalu, lanjutkan dengan menggunakan gel obat jerawat yang mengandung AHA dan BHA untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Terakhir, gunakan gel obat jerawat yang mengandung asam glikolat untuk memaksimalkan perawatan Anda.

• Pakai sabun setelah selesai keramas
Tahukah Anda jika produk perawatan rambut Anda bisa jadi penyebab timbulnya jerawat di punggung? Jadi, sebaiknya keramas dengan menggunakan sampo terlebih dahulu lalu bilas hingga benar-benar bersih. Kemudian, barulah memakai sabun pada seluruh tubuh Anda. Atau Anda juga bisa menahan rambut basah Anda menggunakan handuk saat sedang menggunakan sabun, agar sampo dan sabun tidak tercampur di bagian punggung Anda.

• Gunakan sabun pembersih yang lembut
Jika kulit tubuh Anda termasuk ke dalam tipe kulit sensitif terhadap kandungan bahan seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide Anda bisa memilih sabun pembersih dengan kandungan bahan yang lebih ringan. Misalnya ekstrak buah-buahan yang dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Coba gunakan sabun yang mengandung ekstrak buah pepaya atau grapefruit.

• Gunakan tisu pembersih lembut yang anti bakteri
Untuk menghindari kulit Anda cepat berkeringat dan berminyak pada bagian punggung yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat, sebaiknya Anda menggunakan tisu pembersih yang mengandung oil-free untuk menghilangkan bakteri sebelum dan sesudah Anda berolahraga.

Nah, jika cara-cara tersebut tidak bisa menghilangkan jerawat pada punggung Anda, segera pergi ke ahli dermatologist untuk berkonsultasi seputar masalah jerawat pada punggung Anda. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini