Sukses

Banyak Minum Kopi Bisa Bikin Payudara Kecil, Benarkah?

Minum kopi berlebihan dapat berpengaruh pada ukuran payudara seseorang, simak di sini ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti sedang mempelajari korelasi antara ukuran payudara dan kemungkinan berkembangnya kanker payudara. Wanita dengan ukuran payudara lebih besar akan memiliki resiko terkena kanker lebih besar juga. Karena payudara yang besar memiliki kelenjar susu lebih banyak. Tapi tahukah Anda, dengan sering mengkonsumsi kopi justru akan membuat payudara menjadi lebih kecil.

Dilansir dari Earthabels, Rabu (21/12/16), para peneliti dari Swedia mengungkap, kopi memiliki efek aneh bagi tubuh wanita. Wanita yang meminum tiga cangkir kopi per hari akan mengalami penyusutan payudara sehingga memiliki resiko penurunan terhadap berkembangnya kanker payudara.

Seorang dosen Onkologi Lund University Swedia, Helena Jernstroem bahkan mengatakan, meminum kopi memiliki pengaruh yang besar pada ukuran payudara seseorang. Untungnya, penyusutan ini tidak sampai menghilangkan payudara.

Dari 300 orang partisipan, sekitar setengahnya membawa gen yang dapat menyusutkan payudara sebagai akibat dari mengkonsumsi kopi berlebihan. Para ilmuan juga menguraikan bahwa penyusutan ini akan berpengaruh terhadap esterogen wanita, sehingga bahan tertentu yang terkandung pada kopi akan mengubah hormon dan menurunkan resiko terkena kanker payudara.

(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.