Sukses

Banyak Minum Kopi Bisa Bikin Payudara Kecil, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti sedang mempelajari korelasi antara ukuran payudara dan kemungkinan berkembangnya kanker payudara. Wanita dengan ukuran payudara lebih besar akan memiliki resiko terkena kanker lebih besar juga. Karena payudara yang besar memiliki kelenjar susu lebih banyak. Tapi tahukah Anda, dengan sering mengkonsumsi kopi justru akan membuat payudara menjadi lebih kecil.

Dilansir dari Earthabels, Rabu (21/12/16), para peneliti dari Swedia mengungkap, kopi memiliki efek aneh bagi tubuh wanita. Wanita yang meminum tiga cangkir kopi per hari akan mengalami penyusutan payudara sehingga memiliki resiko penurunan terhadap berkembangnya kanker payudara.

Seorang dosen Onkologi Lund University Swedia, Helena Jernstroem bahkan mengatakan, meminum kopi memiliki pengaruh yang besar pada ukuran payudara seseorang. Untungnya, penyusutan ini tidak sampai menghilangkan payudara.

Dari 300 orang partisipan, sekitar setengahnya membawa gen yang dapat menyusutkan payudara sebagai akibat dari mengkonsumsi kopi berlebihan. Para ilmuan juga menguraikan bahwa penyusutan ini akan berpengaruh terhadap esterogen wanita, sehingga bahan tertentu yang terkandung pada kopi akan mengubah hormon dan menurunkan resiko terkena kanker payudara.

(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
Payudara Makin Besar Bisa Jadi Gejala Kanker
Artikel Selanjutnya
Suka Minum Kopi? Menurut Sains, Seharusnya Anda Bisa Lebih Sehat