Sukses

Simpati dengan Korban Kemanusiaan di Aleppo? Ini Cara Membantunya

Untuk Anda yang ingin menolong korban kemanusiaan di Aleppo, Anda dapat membantu melalui 10 hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun sudah ribuan warga Aleppo telah mengungsi sejak konflik di sana bermula, namun masih banyak warga yang tetap tinggal di kota yang kini telah luluh lantak tersebut karena tidak punya pilihan lain. Mereka yang tinggal di kota tersebut berada di tengah bahaya, di tengah ancaman serangan militer, rudal dan bom. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah mengajak semua organisasi kemanusiaan dan para relawan untuk bersama menolong dan membatu meringankan beban warga Aleppo. Tidak ada salahnya kita turut membantu mereka karena kemanusiaan tidak dibatasi oleh warna kulit, agama, dan ras.

Berikut adalah 10 organisasi kemanusiaan yang menerima donasi kita untuk warga Aleppo seperti dilansir dari harpersbazaar.com (Jumat, 16/12/2016)

Doctors Without Borders
Doctors Without Borders adalah sebuah organisasi yang menyediakan layanan kesehatan bagi negara-negara yang sedang dilanda perang. Organisasi ini sudah menjalankan misi kemanusiaan di Aleppo sejak konflik di wilayah tersebut bermula. Meskipun salah satu unit Rumah Sakit milik Doctors Without Borders telah diserang pada tanggal 17 November lalu, yang menewaskan lebih dari 20 relawan dan pasien, namun organisasi ini tetap melanjutkan komitmennya dalam melayani warga Aleppo. Anda bisa menyalurkan bantuan di website ini.

The White Helmets
The White Helmets adalah grup relawan yang fokus menyelamatkan korban sipil. Cara kerja mereka adalah dengan mendatangi lokasi-lokasi yang dibom lalu mencari korban-korban yang terjebak dan tidak sempat menyelamatkan diri. Sampai saat ini, The White Helmets telah menyelamatkan lebih dari 73.530 orang di Syiria. Anda bisa ikut membantu dengan cara berdonasi lewat website ini.

Oxfam International
Oxfam International menyediakan air bersih, kamar mandi dan toilet untuk mereka yang tinggal di barak penampungan. Organisasi ini juga menyediakan layanan kesehatan dan bantuan hukum bagi para pengungsi. Untuk berdonasi lewat Oxfam International, kunjungi website ini.

The United Nations High Commissioner For Refugees (UNHCR)
Salah satu anak organisasi PBB ini menyediakan keperluan para pengungsi di negara-negara yang dilanda konflik. Organisasi ini menyediakan pakaian bersih, selimut, dan obat-obatan. UNHCR telah memulai misi kemanusiaan mereka di Aleppo sejak 12 Desember 2016.

Islamic Relief USA
Organisasi ini didirikan oleh para relawan yang fokus memberikan bantuan kepada para pengungsi tanpa diskriminasi gender, ras, atau agama. Anda bisa ikut berkontribusi dan memberikan donasi melalui website ini.

Planet Syiria
Bantuan tidak hanya berupa materi. Planet Syiria fokus menyebarkan berita tentang krisis kemanusiaan yang terjadi di Aleppo ke seluruh dunia. Anda bisa membantu meningkatkan perhatian orang-orang di sekitar Anda dalam isu ini. Berilah dukungan dengan menanda tangani pernyataan perdamaian dan menyebarkannya secara online lewat website ini.

International Committee of the Red Cross
ICRC berkomitmen sebagai organisasi yang netral, tidak berpihak, dan fokus dengan misi kemanusiaan selama konflik di Syiria. ICRC menyediakan makanan dan bantuan kesehatan bagi para warga dan pengungsi di Syiria. Anda bisa ikut berkontribusi dan memberikan donasi lewat website ini.

The International Rescue Committee
Misi utama IRC adalah membantu para pengungsi dan memberi bantuan makanan, gas, alat-alat tidur, sabun, dan handuk.

Hand in Hand for Syria
Hand in Hand for Syria bekerja di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. Organisasi ini menyediakan alat-alat medis bagi pasien gawat darurat. Mereka juga menyediakan makanan, obat-obatan, baju hangat bagi para pengungsi. Kunjungi website ini untuk ikut berkontribusi.

Save the Children
Misi Save the Children adalah membantu para pengungsi dengan menyediakan baju hangat, tenda, air bersih, dan obat-obatan. Fokus organisasi ini adalah membantu meringankan penderitaan para anak-anak Syiria. Berikan Anda dapat berdonasi untuk korban kemanusiaan di Aleppo melalui website ini.

Ana Fauziyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini