Sukses

Sering Stres? Lakukan 4 Langkah Untuk Menjadi Pribadi Bahagia

Stres dapat membuat Anda menjadi orang yang selalu mengeluh dan membuat keadaan di sekitar menjadi buruk.

Liputan6.com, Jakarta Stres sering menjadi pemicu utama kehidupan yang tidak bahagia, bahkan menganggap diri selalu dalam keadaan yang terpuruk dan tidak bisa berkembang. Perasaan negatif ini dapat membuat Anda menjadi orang yang selalu mengeluh dan membuat keadaan di sekitar menjadi buruk. Bila Anda ingin mengubah diri menjadi pribadi positif dan bahagia, 4 langkah ini harus diterapkan, seperti yang dirilis dari lifehack.org, Selasa (20/12/2016).

Tinggalkan masa lalu
Perasaan negatif hadir karena sering memikirkan kejadian masa lalu dan membawa perasaan buruk tersebut pada keadaan masa kini. Hal ini membuat Anda menjadi tidak nyaman dan tidak siap menghadapi kenyataan. Untuk itu Anda harus bisa meninggalkan masa lalu dibelakang, meninggalkan semua emosi buruk yang pernah dialami dan berusaha untuk menghargai keadaan saat ini lebih baik.

Jangan berpikir terlalu berlebihan
Banyak pikiran memaksa Anda untuk berpikir apa yang akan terjadi kedepan, apa pemikiran orang terhadap Anda, dan berbagai masalah yang bisa saja berakhir tidak menyenangkan. Padahal pola pikir seperti ini hanya buang-buang waktu dan membuat Anda tidak bisa melakukan berbagai kegiatan yang seharusnya lebih menyenangkan.

Batasi informasi yang diterima
Terlalu banyak mengonsumsi informasi dari media sosial yang penuh dengan kebencian, mengubah mood Anda menjadi lebih buruk. Bahkan kebiasaan ini membuat Anda lebih sering memberikan kritik pada kejadian yang sebenarnya tidak terlalu penting ditanggapi dan bisa berujung menjadi stres yang berkepanjangan. Untuk itu, tinggalkanlah informasi yang terlalu banyak ini, dan usahakan mengisi waktu Anda dengan kegiatan yang lebih positif, seperti jalan-jalan atau pergi ke tempat wisata.

Ganti harapan dengan penerimaan
Kita terlalu banyak mengharapkan berbagai hal dalam kehidupan, inilah penyebab utama dari stres yang sering dialami. Harapan-harapan ini membuat Anda terjebak dalam hidup yang harus sempurna dan tanpa cela, padahal banyak cerita menarik yang terjadi di sekeling namun seakan tertutupi dengan ambisi. Untuk itu, terimalah kehidupan yang sedang dijalani hari ini dengan baik, bersyukur masih diberikan kesempatan untuk hidup dan merasakan kebahagiaan yang ada di sekeliling kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini