Sukses

Ketahui Risiko Penyakit dari Bulan Kelahiran Anda

Benarkah risiko penyakit dapat diprediksi dari bulan kelahiran Anda?

Liputan6.com, Jakarta Sebuah fakta mengejutkan mengungkap bahwa bulan kelahiran kita tidak hanya menentukan kepribadian tapi juga peluang kita terkena suatu penyakit tertentu. Yuk, cari tahu dan supaya kita bisa mencegahnya. Seperti yang dilansir dari Familyshare.com, Selasa (20/12/2016), fakta mengejutkan tersebut telah diterbitkan di Journal of the American Medical Informatics Association. Para peneliti mencoba menganalisis tipe penyakit dan kaitannya dengan bulan kelahiran seseorang. Studi ini didapat dengan mengolah data dari 1,75 juta individu yang lahir dari tahun 1900 hingga tahun 2000. Setidaknya ada 55 penyakit yang berkaitan dengan bulan lahir setiap orang yang diteliti.

Berikut ini faktanya:

Januari
Mereka yang lahir di bulan ini cukup beruntung, karena tidak ada kecenderungan terkena penyakit berat. Hanya saja, mudah mengalami penyakit dengan gejala yang menyebabkan mereka muntah.

Februari
Mereka yang lahir bulan Februari juga tidak terkait dengan kecenderungan penyakit tertentu. Namun demikian, mereka mudah terkena gigitan nyamuk.

Maret dan April
Mereka yang lahir di dua bulan ini juga beruntung. Hanya saja, kelemahannya mereka mudah memar.

Mei
Mereka yang lahir di bulan Mei rentan mengalami masalah yang berhubungan dengan pernapasan dan infeksi.

Juni
Mereka yang lahir di bulan Juni mudah mengalami penyakit menular seksual.

September
Mereka yang lahir bulan ini rentan mengalami penyakit angin duduk (nyeri dada akibat berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam miokardium). Mereka juga rentan mengalami masalah jantung dan komplikasi, serta kelainan kondisi otot jantung yang abnormal.

Oktober
Mereka yang lahir bulan ini terancam mudah mengalami penyakit jantung (termasuk kelainan irama jantung, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung). Pria yang lahir pada bulan ini juga rentan mengalami kanker testis.

November
Mereka yang lahir di bulan ini rentan mengalami penyakit jantung iskemik. Mereka juga rentan masalah paru-paru dan asma serta gangguan pernafasan. Bayi yang lahir di bulan ini juga berisiko mengalami Attention Deficit Disorder.

Ada beberapa bulan yang tidak masuk dalam daftar penelitian, yakni bulan Juli, Agustus, dan Desember, karena menurut peneliti, data tidak cukup kuat untuk pengambilan kesimpulan.

Sebagian peneliti menganggap, penyakit yang mudah dialami tersebut bisa jadi berkaitan dengan kekurangan zat vitamin ataupun mineral yang cenderung dialami mereka yang lahir pada bulan tertentu. Misalnya, karena lahir pada musim dingin, sehingga tubuhnya rentan kekurangan vitamin D. Namun demikian, fakta ini tidak perlu membuat Anda panik, jika bulan kelahiran Anda terindikasi rentan penyakit berat. Data ini hanya sebagai masukan saja. Hanya saja, jika sewaktu-waktu muncul gejala yang mencurigakan, Anda bisa segera mengambil langkah-langkah untuk mencegah munculnya penyakit tersebut.

Ficky Yusrini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.