Sukses

Rumah Sempit Penuh Furnitur? Ikuti Gaya Minimalis Rumah Jepang

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan rumah di Indonesia penuh dengan furnitur yang memiliki berbagai fungsi, mulai dari meja makan, meja televisi, meja belajar, kursi tamu, hingga lemari pajangan. Namun terlalu banyak furnitur di rumah akan membuat Anda sulit bergerak dan tidak memiliki ruangan kosong untuk berkumpul dan beraktivitas. Bila Anda sudah terlalu bosan dengan banyaknya furnitur di rumah, mungkin gaya minimalis yang ada di rumah Jepang ini bisa Anda terapkan di rumah, seperti yang dirilis oleh thisisinsider.com, Jumat(16/12/2016).

Seluruh perlengkapan hidup bisa muat dalam satu lemari, mulai dari pakaian, mainan, hingga tempat tidur (Foto : REUTERS/Thomas Peter)

Minimalis sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya hidup di Jepang, bahkan Maire Kondo, seorang penulis yang telah terkenal menyebarkan gaya hidup minimalis ini, memberikan sebuah inspirasi untuk rumah yang lebih rapi. Pada prinsipnya, buang barang-barang yang tidak berguna dan simpanlah apa yang Anda butuhkan sehari-hari.

Kebiasaan ini terpengaruh oleh aliran Buddha Zen, yang menekankan kesederhanaan. Bagi mereka, hal yang sederhana akan bernilai lebih. Gaya ini juga lebih praktis karena gaya hidup minimalis akan membuat beban keuangan makin berkurang. Jepang juga negeri penuh gempa, jadi memiliki furnitur yang terlalu banyak juga menjadi kesulitan bila bencana menerpa. Karena lebih dari setengah korban luka pada gempa Jepang disebabkan karena kejatuhan benda-benda dalam rumah.

Alat memasak yang dimiliki juga benar-benar yang berguna, sehingga lebih mudah dicari ketika akan digunakan (foto: REUTERS/Thomas Peter)

Orang Jepang sering menggunakan futon sebagai tempat tidurnya, sehingga tidak membutuhkan ranjang besar (foto : REUTERS/Thomas Peter)

Mungkin beberapa cara ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk menciptakan rumah yang lapang, sederhana dan memiliki sedikit barang, sehingga akan lebih leluasa bekerja dan berkumpul dengan keluarga. Mulai dari dapur dengan peralatan secukupnya, kamar mandi dengan produk yang seadanya, hingga pakaian dan baju yang sedikit namun tetap tersimpan rapi dalam lemari.

Semua bumbu dapur dimasukkan dalam lemari dengan cara yang sederhana dan mudah dilihat dari luar (foto : REUTERS/Thomas Peter)

Peralatan kamar mandi yang dibutuhkan juga sederhana, tidak perlu banyak produk kecantikan  (foto : REUTERS/Thomas Peter)

Mereka juga terbiasa menggunakan futon, atau tempat tidur lipat khas jepang, sehingga tidak membutuhkan sebuah ranjang tempat tidur. Ruangan tengah juga hanya memiliki sebuah meja yang bisa digunakan untuk apa saja, mulai dari makan malam, belajar, hingga bekerja, tanpa harus menggunakan kursi. Dengan pola ini, Anda tidak perlu pusing untuk menentukan pakai meja apa ketika makan, bekerja dan belajar bersama. Cara ini memaksimalkan furnitur agar lebih sederhana dan fungsional.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 8 Fakta Menarik Taj Mahal yang Jarang Diketahui
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak Ini Punya Kehidupan Seks yang Buruk, Benarkah?