Sukses

5 Kebiasaan Favorit Ini Ternyata Merusak Gigi

Mulai dari langsung menyikat gigi setelah makan sampai mengunyah es batu. Kebiasaan mana yang sering Anda lakukan?

Liputan6.com, Jakarta Gigi dan mulut adalah bagian terbesar pada wajah Anda. Sebab itu harus dijaga agar tetap sehat dan percaya diri.

Namun ternyata banyak aktivitas atau kebiasaan yang tanda Anda sadari bisa merusak gigi. Seperti melansir dari WebMD, ada empat kebiasaan yang sering Anda lakukan berdampak membahayakan gigi.

Mulai dari langsung menyikat gigi setelah makan dan mengunyah batu es. Mana kebiasaan paling sering Anda lakukan?

Makanan manis dan bersoda

Makanan manis menciptakan asam di mulut yang dapat merusak lapisan enamel. Sementara soda dan minuman bersoda juga mengandung kadar asam tinggi. Bahkan jika pilihan Anda adalah diet soda tanpa tambahan gula, asam yang terkandung mungkin lebih tinggi dan berpotensi merusak gigi.

Membuka kemasan dengan gigi

Jika Membuka kaleng atau botol dengan gigi adalah kebiasaan Anda, coba lah untuk berhenti. Sebab kebiasaan tersebut akan merusak gigi.

Menyebabkan trauma pada lapisan gigi, meningkatkan risiko sakit gigi, dan gigi rontok. Lebih baik mempersiapkan beberapa gunting atau botol pembuka daripada menggunakan gigi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Merusak Gigi

Mengunyah es batu

Apakah Anda salah seorang yang mempunyai kebiasaan ini? Mungkin Anda berpikir tidak berbahaya karena es batu tidak mengandung gula.

Sayangnya kebiasaan favorit banyak orang ini benar-benar dapat menyebabkan kerusakan gigi. Selain menyebabkan gigi Anda untuk fraktur atau retak, juga dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan di bawah gigi.

Kerusakan bagian dalam lapisan gigi dapat menyebabkan sakit gigi berkepanjangan. Jika Anda tidak dapat menahan keinginan untuk mengunyah sesuatu, coba lah makan permen karet bebas gula sebagai gantinya.

Langsung menyikat gigi pasca-makan

Alih-alih ingin membuat gigi kuat dan sehat, 5 kebiasaan ini malah membuat gigi rusak.

Ternyata tidak disarankan untuk langsung menyikat gigi setelah makan, terutama jika Anda melahap makanan manis atau asam. Sebab makanan manis dan asam seperti lemon dan jeruk menciptakan asam di mulut.

Kondisi ini akan melemahkan lapisan gigi yang disebut enamel. Langsung menyikat gigi setelah makan dapat mengikis garis-garis enamel Anda.

Jika terus berlanjut, gigi akan menjadi lemah dan mengakibatkan gigi sensitif di kemudian hari. Untuk mencegah hal ini, Anda harus menunggu sekitar 30 menit pasca-makan untuk menyikat gigi. Atau Anda dapat membilas mulut dengan air untuk menyingkirkan asam di mulut sebelum sikat gigi.

Ngemil terlalu sering

Ketika memakan camilan, produksi air liur dalam mulut tidak sebanyak seperti ketika Anda makan siang atau makan malam. Seperti melansir dari WebMD, air liur membantu menjaga gigi Anda sehat karena melapisinya dengan mineral dan kalsium.

Selain itu, air liur juga berfungsi untuk menetralkan asam dalam makanan yang dapat membahayakan enamel. Jadi saat Anda terlalu banyak ngemil, mulut tidak memproduksi banyak air liur.

Makanan ringan yang manis juga memudahkan plak untuk berkembang. Anda mungkin mempertimbangkan memilih makanan ringan bebas gula sebagai gantinya, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

(M. Andreas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini