Sukses

Atasi Permasalahan Jerawat dengan Cara Alami

Bosan dengan permasalahan jerawat yang membandel?Atasi dengan cara alami berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah bangun pagi dan merasa salah satu bagian kulit di wajah terlihat memerah, terasa agak nyeri, meradang dan agak berat? Itulah tanda akan timbulnya jerawat di bagian tersebut.

Tertarik untuk mencoba cara yang lebih alami untuk mencegah dan meredakan jerawat? Coba simak beberapa cara yang dilansir dari wellnessbin.com, Kamis (15/12/2016) berikut ini.

Pertama-tama, bersihkan wajah dengan air hangat dan pembersih wajah dengan kandungan anti bakteri. Sesudahnya celupkan handuk ke air hangat dan kompreskan pada area wajah yang berjerawat. Lanjutkan dengan beragam pilihan perawatan alami di bawah ini.

1. Celupkan satu kantung teh ke dalam air panas. Sembari menunggu, celupkan kapas dalam air lemon atau cuka (bisa digunakan cuka apel organik). Lalu tekan kapas tersebut di area wajah yang berjerawat. Sesudahnya angkat kantung teh celup dan biarkan dingin, Langkah berikutnya adalah menekankan kantung teh celup tadi di area berjerawat. Kandungan tannin yang ada dalam teh berfungsi sebagai antiseptik yang dapat menghilangkan kuman dan bakteri.

Kemudian, buat campuran 1/2 sendok teh susu murni dan 1 sendok teh ragi. Susu murni bermanfaat untuk meredakan peradangan dan ragi akan membunuh kuman. Diamkan hingga semalam.

2. Scrub dengan lembut bagian bakal jerawat tersebut dengan campuran baking soda dan air. Lalu bersihkan dengan air biasa.

Selanjutnya, keruk bagian dalam tomat dan campur dengan madu organik lalu bubuhkan pada area kulit wajah yang berjerawat. Kandungan salicylic acid yang ada dalam tomat akan melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan madu adalah antiseptik yang baik. Tunggu sampai kering lalu bersihkan. Kompres dengan es batu untuk meredakan peradangan.

Cara-cara ini dilakukan sesudah membersihkan wajah. Sebaiknya lakukan cara 1 atau 2 untuk meredakan jerawat pada malam hari sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini