Sukses

Alasan Lebih Cepat Gemuk Saat Sering Begadang

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki kebiasaan begadang bahkan melewatkan dini hari, mulai sekarang coba lah berlatih untuk tidur lebih cepat. Tahukah Anda, jika melewatkan tidur maka tubuh akan membutuhkan lebih dari 300 kalori keesokan harinya.

Dilansir dari Health, Senin (19/12/16), para peneliti menghitung efek kurang tidur terhadap konsumsi kalori. Tubuh akan merasa semakin lapar pada pagi hari jika sering begadang dan akan menyerap kalori lebih banyak dari yang Anda bayangkan.

Dalam studi baru yang diterbitkan oleh Eropa Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan kelebihan kalori akan membuat tubuh mudah lelah. Cukup tidur, olahraga, mengonsumsi makanan sehat merupakan cara untuk membantu mengontrol berat badan dan mencegah diabetes.

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Dari 172 partisipan dengan usia 18-50 tahun baik itu laki-laki dan perempuan yang memiliki berat badan normal, kelebihan berat badan, dan obesitas dapat disimpulkan mereka yang tidak memiliki cukup tidur atau kurang dari 7-12 jam pada malam hari, akan membutuhkan lebih dari 385 kalori di pagi hari.

Peneliti lain juga berspekulasi bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi hormon leptin dan ghrelin yang berhubungan dengan rasa lapar. Sehingga akan mendorong hasrat untuk makan lebih banyak.

Mereka juga melakukan penelitian lebih lanjut secara teratur untuk melihat apakah kurang tidur akan meningkatkan faktor resiko penyakit cardio metabolik seperti diabetes terutama pada masyarakat perkotaan.

Latifah Gusri

Artikel Selanjutnya
Tips Mengurangi Kebiasaan Ngemil yang Tidak Sehat
Artikel Selanjutnya
Makan Lewat dari Pukul 7 Malam Bikin Gagal Diet, Benarkah?