Sukses

7 Cara Mudah Kendalikan Kecanduan Belanja

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering membeli hal-hal yang sebenarnya Anda tidak perlukan atau bahkan Anda tidak mampu? Apakah Anda sudah mencoba untuk tidak berbelanja tetapi merasa sulit untuk mengontrol? Jika ya, maka mungkin Anda kecanduan belanja.

Sebuah pecandu belanja akan terus merasa ada dorongan untuk berbelanja dan menghabiskan lebih dari yang diperlukan. Belanja kompulsif dapat memiliki dampak yang parah pada kehidupan individu, jika tidak dikendalikan pada waktu.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda memerangi kecanduan belanja Anda seperti dikutip dari situs Magforwomen, Selasa (14/12/2016).

1. Kenali masalah Anda

Ini adalah salah satu cara yang paling penting dan efektif untuk mengatasi kecanduan belanja Anda. Biasanya, masalah pengeluaran berakar dalam emosi Anda. Anda perlu mencari tahu penyebab sebenarnya dan memecahkan masalah ini berdasarkan kecanduan belanja Anda.

2. Hindari iklan penawaran produk yang Anda sukai

Belanja online dari rumah sangat mudah dan menggoda. Pemasar produk mencoba membuat semua hal-hal yang lebih menguntungkan dengan menawarkan jasa dan diskon khusus untuk menggoda Anda membeli produk mereka.

3. Singkirkan kartu kredit Anda

Kartu kredit menargetkan shopaholics yang bisa pergi terjun bebas sejauh apapun untuk belanja. Dengan kliring hambatan belanja Anda, mereka menawarkan cara mudah untuk Anda dengan suku bunga tinggi yang mereka tetapkan pada Anda.

Kartu kredit membuat Anda merasa Anda dapat membeli apa saja, tetapi dalam kenyataannya Anda tidak menggunakan uang Anda sendiri dan akhirnya Anda membayar bunga besar yang memperburuk kebiasaan pengeluaran Anda.

4. Berpikirlah sebelum belanja

Saat Anda ingin menggesekkan kartu Anda untuk membeli sesuatu, cobalah melangkah mundur dan berpikir tentang produk yang Anda beli.

Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan produk tersebut. Ini akan membantu Anda menyadari bahwa Anda akan terlibat dalam pengeluaran yang tidak perlu

5. Buat daftar belanja

Saat berada di pasar atau supermarket untuk membeli beberapa barang kebutuhan, beberapa dari Anda kerap berakhir membeli barang yang tidak Anda perlukan.

Oleh karena itu Anda wajib membuat daftar belanja kebutuhan sebelum pergi berbelanja dan hanya membeli barang yang ada dalam daftar.

6. Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga

Anda dapat meminimalkan waktu belanja Anda dengan menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang dekat Anda. 

Menjadi lebih dekat dengan teman-teman Anda dan keluarga akan memperkuat ikatan, dan meredam keinginan belanja.

7. Minta bantuan

Sulit untuk menendang kecanduan apapun sendirian. Setelah Anda menyadari belanja adalah kelemahan Anda, cobalah mencari bantuan dari teman dan keluarga. Anda juga dapat mencari bantuan profesional jika Anda tidak mampu untuk keluar dari kecanduan belanja ini.

 

Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya
Artikel Selanjutnya
6 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Anda Ubah